... Tidak. Hitler adalah seorang pria yang spektakuler. Dia sangat penting di dunia... "
Buenos Aires (ANTARA News) - Gara-gara memuji Adolf Hitler sebagai "seorang pria spekkuler", juru bicara Walikota Buenos Aires, Jaime Duran Barba, didakwa jaksa federal, Gullermo Marijuan, karena dianggap menyuarakan persetujuan atas tindak kriminal. 

Argentina salah satu negara favorit tempat persembunyian para penjagal Nazi Jerman pasca Perang Dunia II. Di Argentina juga banyak diciduk penjahat-penjahat perang itu, walau merek telah berpuluh tahun bersembunyi dan mengganti identitas asli. 

Argentina adalah rumah bagi komunitas yahudi terbesar di Amerika di luar Amerika Serikat, dengan sekitar 300.000 orang.

Barba adalah staf utama Mauricio Macri, walikota yang juga berpeluang sebagai calon presiden pada 2015 nanti.

Macri mengecam pernyataan juru bicaranya, tetapi tidak mengatakan apakah ia akan dipecat.

Barba mengatakan hal itu dalam wawancara dengan majalah mingguan Noticias .

Dalam wawancara itu, ia membandingkan pemimpin Venezuela, Hugo Chavez, dengan pemimpin Nazi Jerman.

"Mereka berdua memiliki peringkat persetujuan besar," katanya. Ketika seorang reporter mengatakan jika ia tidak bisa membandingkan dua tokoh itu, Barba mengatakan, "Tidak. Hitler adalah seorang pria yang spektakuler. Dia sangat penting di dunia."

"Sama sekali tidak ada kata-kata positif yang ditujukan bagi orang yang bertanggung jawab atas aksi genosida terbesar dalam sejarah," kata Macri, sambil menambahkan bahwa ia akan mempertahankan hak kebebasan berpendapat juru bicaranya.

Komunitas yahudi Argentina mengalami sejumlah insiden anti-Semit, dan negara itu memiliki reputasi sebagai surga bagi penjahat perang Nazi setelah Perang Dunia II.

Lebih buruk lagi, serangan teror terburuk di Amerika Latin dalam sejarah modern pada tahun 1994 menyasar komunitas Yahudi dan tetap belum terpecahkan. 

Mobil van yang melakukan pemboman bangunan Federasi Amal Yahudi Argentina atau AMIA mengakibatkan 85 orang tewas dan 300 lainnya terluka di Buenos Aires.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013