... mengucap bismillahirahmanirrahim, relokasi penataan PKL Pasar Minggu, saya nyatakan resmi dibuka... "
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, meresmikan relokasi penataan pedagang kaki lima, di Pasar Minggu, Jakarta Selatan; lokasi yang termasuk satu simpul kemacetan parah di Jakarta

Dia meresmikan lokasi itu dengan cara yang berbeda dari yang lain, yaitu dengan menggelar kuis sebagai pengganti kata sambutan formal penuh protokoler. 

"Kali ini, saya tidak mau kasih sambutan, tetapi saya mau kasih kuis untuk semua pedagang dan pengunjung yang ada disini, hadiahnya sepeda," kata Jokowi, dalam acara peresmian relokasi penataan PKL di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu.

Mendengar perkataan itu, sontak para pedagang dan pengunjung pasar bersorak gembira dan memberikan tepuk tangan meriah kepada Gubernur DKI tersebut.

Pertanyaan pertama, Jokowi meminta pedagang atau pengunjung menyebutkan lima jenis makanan khas Betawi. Tak lama, pertanyaan itu dijawab perempuan pengunjung, Chotiron.

"Asinan betawi, soto betawi, dodol betawi, kerak telor, dan bir peletok," ujar Chotiron, dengan penuh semangat.

Setelah mendengar jawaban tersebut, Jokowi langsung memberikan kartu nama dan meminta perempuan itu mengambil hadiahnya di Balai Kota, Jakarta Pusat.

"Ambil sepedanya besok di Balai Kota DKI, ya. Datangnya di atas jam 12.00 WIB siang," tutur Chotiron.

Kemudian, Jokowi melanjutkan kuis dengan melempar empat pertanyaan lainnya yang juga direspon cepat pengunjung pasar pada saat itu.

Usai bermain tanya jawab berhadiah dengan seluruh pengunjung pasar, Jokowi akhirnya meresmikan relokasi penataan PKL tersebut.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, relokasi penataan PKL Pasar Minggu, saya nyatakan resmi dibuka," ucap Jokowi.

Setelah itu, Jokowi mengelilingi pasar tersebut untuk melihat- lihat kondisinya dan berinteraksi langsung dengan para pedagang, sekaligus berbelanja. 

Pewarta: Rany
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013