Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil Kia mengumumkan bahwa Kia Soul EV akan menjadi kendaraan tanpa emisi pertama yang dipasarkan di luar Korea.

Kia Soul EV akan memeriahkan persaingan kendaraan listrik yaitu Nissan Leaf, Toyota Scion iQ, Chevrolet Spark EV, Honda Fit EV, Fiat 500e, Mitsubishi i- MiEV, Smart fortwo listrik, Ford Focus EV, Toyota RAV4 listrik, dan Tesla Model S.

Seperti dilansir dari laman cars dan usatoday, Kia Soul EV yang akan dijual tahun depan di Amerika Serikat ini akan menggunakan platform generasi kedua dari Soul 2014 dan mampu menjangkau 192 kilometer jika baterainya terisi penuh.

Ia juga mengatakan, "Soul EV akan berada pada garis depan program terbaru Kia 'Clean Mobility' untuk menyediakan transportasi yang ramah lingkungan kepada pelanggan kami di seluruh dunia," kata Orth Hedrick, direktur eksekutif perencanaan produk Kia.

Kia mengatakan mobil listrik tanpa transmisi ini memiliki 109 tenaga kuda dengan roda penggerak depan.

Percepatan dari nol ke 60 kilometer/jam ditempuh kurang dari 12 detik dan kecepatan tertingginya sekitar 90 kilometer/jam.

Uniknya saat meluncur dan mengerem, Soul EV dapat mendaur ulang energi baterai, dan dapat diisi ulang pada semua sumber listrik standar.

Kia mengatakan waktu pengisian pada sumber listrik bertegangan 240  volt selama lima jam 25 menit.

Pada mobil ini juga tersedia fitur proyeksi lampu, lampu posisi LED, LED lampu kombinasi belakang, velg 16 inci dan layar multimedia 8 inci. Tidak ada kabar tentang harga .


Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2013