New York City (ANTARA News) - Apple dan Samsung sama-sama meraup untung dari pasar ponsel pintar ketika saat bersamaan para pembuat ponsel lainnya merugi, kata seorang analis seperti dikutip AFP.

"Kami perkirakan Apple dan Samsung bersama-sama menangkap keuntungan industri handset mengesankan 109 persen selama triwulan ketiga," kata analis Canaccord Genuity Mike Walkley.

Walkley menekankan, mengutip survey global terakhirnya, bahwa pabrikan-pabrikan lain seperti BlackBerry, Nokia, LG, HTC dan Motorola malah menderita rugi operasional.

Walkley memperkirakan Samsung telah mengapalkan 84,8 juta smartphone pada triwulan itu dan menguasai 53 persen keuntungan dari industri handset.

Sementara Apple yang meluncurkan dua iPhone terbaru pada kuartal itu meningkatkan pangsa pasar di industri ini dari 53 menjadi 56 persen pada triwulan ketiga.

Namun survey Gartner belum lama ini menunjukkan Samsung menguasai 32 persen pangsa pasar global smartphone pada triwulan yang baru lewat lalu, sedangkan Apple 12,1 persen.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013