Bogor (ANTARA Mews) - Kontes Ayam Ketawa Tingkat Nasional yang diselenggarakan Himpunan Profesi Ornitologi dan Unggas Fakultas Kedokteran Hewan IPB di Bogor, Minggu, mendapat sambutan antusias peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Ratusan ayam asli Indonesia itu didatangkan para pemiliknya yang antara lain berasal dari Sulawesi Selatan, Kalimantan, Jawa Tengah, Lampung dan berbagai propinsi lainnya, untuk menunjukkan kemerduan suaranya.

Kontes yang berlangsung di Lapangan Gedung Pascasarjana IPB Baranangsiang, Bogor itu dibuka oleh Direktur Budidaya Ternak Kementerian Pertanian RI Ir. Fauzi Luthan.

Warga Bogor dan juga wisatawan yang kebetulan sedang berkunjung ke Kota Hujan tersebut juga banyak yang tertarik menyaksikan lomba ini, karena lokasinya di pusat Kota Bogor serta dekat dengan Kebun Raya dan pusat perbelanjaan.

Juara dalam kontes ini mendapatkan trofi utama dari Menteri Pertanian RI dan sejumlah hadiah lainnya.

Ayam ketawa, merupakan jenis ayam buras yang merupakan ayam asli dari Sulawesi. Daerah yang banyak mengembangkan ayam ini adalah Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Dekan Fakultas Kedokteran Hewan IPB drh. Srihadi Agungpriyono Ph.D menyatakan dukungannya atas pelestarian ayam ketawa yang merupakan satwa asli Indonesia yang memiliki keistimewaan tersebut.

"Bagi mahasiswa, kontes ini juga sebagai ajang pembelajaran tentang ayam ketawa, termasuk dalam hal penangangan kesehatan hewan," katanya.

Para penggemar ayam ketawa dari berbagai daerah tersebut juga memanfaat kesempatan berada Bogor ini untuk membentuk kepengurusan Persatuan Pencinta dan Pelestari Ayam Ketawa Seluruh Indonesia (P3 Aksi).

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013