Los Angeles (ANTARA News) - Industri film Hollywood, Sabtu waktu AS atau Minggu WIB, memberi Angelina Jolie anugerah kemanusiaan atas kiprahnya bagi pengungsi dan pembelaannya untuk hak asasi manusia lewat karir filmnya.

Aktor Angela Lansbury dan Steve Martin serta perancang busana Piero Tosi juga menerima apa yang disebut "Oscar kehormatan" atas kontribusi mereka bagi film pada anugerah tahunan Governors Awards dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Dalam ruangan yang dipenuhi selebritis, didampingi pasangannya Brad Pitt dan anak lelaki mereka yang kelahiran Kamboja Maddox, Jolie dikenalkan oleh para pemeran film produksi bersama Bosnia dan Serbia "In the Land of Blood and Honey."

Mereka berterimakasih kepada Jolie atas perannya kepada mereka yang merasakan Perang Balkan atas peluangnya untuk mengungkapkan perasaan mereka.

Peraih Oscar berusia 38 tahun itu adalah utusan khusus Badan Pengungsi PBB (UNHCR) dan telah berkecimpung dalam 40 misi lapangan termasuk yang terakhir membantu pengungsi konflik Suriah.

Saat menerima Jean Hersholt Humanitarian Award dari sutradara George Lucas, Jolie mengenang mendiang ibundanya yang hidup membaktikan diri untuk orang lain, kendati dia mengaku butuh waktu untuk menyadari apa maksud dari bakti hidup seperti itu.

"Ketika saya bertemu para penyintas perang, kelaparan dan pemerkosaan, saya belajar apa makna hidup bagi kebanyakan orang di dunia ini," kata Jolie.

Dia mengaku bersyukur atas apa yang telah dinikmatinya dan bertekad untuk bisa turut mencegah manusia mengalami penderitaan seperti itu.

Para pemenang anugerah ini sebelumnya antara lain adalah Elizabeth Taylor dan Paul Newman, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013