orang yang berjaringan sosial lebih luas juga memiliki kecerdasan otak yang lebih hebat"
Jakarta (ANTARA News) - Semakin banyak teman yang Anda miliki, semakin besar pula daerah tertentu pada otak Anda, demikian hasil studi terbaru yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Society for Neuroscience, seperti dilansir Hunffington Post.

Peneliti Universitas Oxford mengungkapkan bahwa orang yang berjaringan sosial lebih luas juga memiliki kecerdasan otak yang lebih hebat serta peningkatan konektivitas antardaerah otak.

Daerah-daerah otak nampaknya secara khusus terpengaruh dalam korteks cingulate anterior (bagian otak yang berfungsi mengatur tekanan darah, denyut jantung dan rasional kongnitif seperti pengambilan keputusan dan emosi) dan korteks prefrontal dorsolateral (bagian otak yang memiliki fungsi eksekutif seperti mengatur ingatan, penalaran dan perhatian).

Untuk keperluan studi, peneliti mengamati otak 18 partisipan yang juga ditanyai jumlah orang yang berinteraksi dengan mereka selama satu bulan lebih (sebuah indikator ukuran jaringan sosial mereka).

Studi ini mendapati fakta bahwa ada hubungan konektivitas daerah antarotak dan ukuran jejaring sosial partisipan.

Namun peneliti mencatat hanya satu hubungan yang diamati.  Belum diketahui apabila memiliki jaringan sosial yang luas berdampak pada otak atau jika orang yang memiliki daerah otak lebih besar dan konektivitas otak yang lebih luas lebih mampu menangani jaringan sosial yang lebih luas, sehingga lebih mungkin memiliki banyak koneksi sosial, demikian Huffington Post.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013