Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Agus Gumiwang Sasmita mendukung keputusan pemerintah Indonesia menarik duta besarnya dari Australia.

Tak hanya kepada Australia saja, sikap tegas pemerintah itu harus ditunjukkan juga kepada Amerika Serikat, kata Agus Gumiwang.

"Komisi I DPR RI mendukung kebijakan pemerintah yang memanggil pulang sementara Dubes RI di Canberra. Keputusan yang sama perlu juga diambil terhadap Amerika Serikat," kata Agus di Gedung DPR RI di Jakarta, Senin.

Ia menilai keputusan pemerintah Indonesia menarik duta besarnya untuk Australia adalah dalam rangka menegakkan harkat dan martabat bangsa.

"Keputusan pemerintah RI ini selain memang untuk mendudukan permasalahan secara proporsional, juga dilakukan dalam rangka menjaga martabat dan kewibawaan Republik Indonesia," sebut Agus.

Komisi I juga mendukung pemerintah dalam melakukan upaya evaluasi hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia.

"Hubungan bilateral antara RI dan Australia, termasuk didalamnya me-review semua kerjasama antara kedua negara dan keberadaan Kedubes RI di Canberra," ujar dia.

Politisi Golkar itu mengatakan, sinyalir praktik penyadapan yang dilakukan Australia terhadap Indonesia adalah yang sangat penting, dan itu tidak pernah dijawab secara resmi oleh pemerintah Australia, sehingga menimbulkan kesan bahwa penyadapan itu memang betul dilakukan

"Penyadapan yang dilakukan oleh negara sahabat adalah sangat tidak etis dan melanggar konvensi international," ujarnya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013