Jakarta (ANTARA News) - Dalam rangka mengantisipasi perubahan cuaca yang eksterm, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum diminta untuk melakukan langkah-langkah antisipasi.

Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Michael Watimena di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

"Saya meminta kepada kedua kementerian itu yang merupakan mitra kerja komisi V DPR RI untuk menyiapkan langkah-langkah antisipasi terhadap perubahan iklim ini yang akan berlangsung hingga tahun depan," kata Watimena.

Politisi Partai Demokrat itu menyebutkan, untuk Kementerian Perhubungan, ia meminta agar menyiapkan langkah antisipasi terkait dengan perhubungan, baik darat, laut dan udara.

"Kepada Dirjen Perhubungan Udara, Laut dan Darat, segera lakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) guna mendapatkan informasi tentang perubahan cuaca sehingga jadwal transportasi baik pesawat, kapal, dan transportasi darat tidak terganggu," kata Watimena.

Sedangkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum, politisi asal Papua itu meminta agar kementerian tersebut segera memantau daerah-daerah yang rawan akan banjir dan longsor.

"Semua harus kita antisipasi, khususnya jajaran Kementerian Pekerjaan Umum segera melakukan antisipasi agar dampak dari perubahan cuaca mendatang tidak terlalu besar. Karena diperkirakan pertengahan November 2013 hingga Januari 2014 hujan dan cuaca tidak menentu," kata Watimena.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013