Sao Paulo (ANTARA News) - Harapan-harapan tipis McLaren untuk menghindari musim terburuk mereka mendapat hantaman di Grand Prix Brazil pada Minggu, ketika Sergio Perez harus mendapat hukuman penurunan posisi start sebanyak lima grid karena melakukan penggantian "gearbox" yang tidak direncanakan.

Penurunan ke posisi start ke-19, untuk balap Formula 1 terakhirnya bersama tim itu, membuat Perez hanya memiliki sedikit peluang untuk mengamankan posisi di empat besar atau posisi yang lebih tinggi lagi di klasemen yang akan diperlukan McLaren, jika tidak 2013 akan menjadi musim terburuk mereka sejak mereka mengikuti balapan untuk pertama kalinya pada 1966.

Pebalap Meksiko itu berbenturan dengan keras pada fase kedua kualifikasi Sabtu di Interlagos, dan berada di posisi ke-14 pada daftar posisi start sementara, unggul satu posisi atas juara 2009 yang merupakan rekan setimnya Jenson Button.

Inspeksi mobil setelah tabrakan mengungkapkan kerusakan gearbox.

McLaren gagal finish di tiga besar pada setiap balapan pada 1980, namun selalu mampu setidaknya mengamankan peringkat keempat. Musim ini, Button dan Perez tidak mampu finish lebih baik dari pada peringkat kelima, demikian Reuters.

(H-RF

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013