Langkat (ANTARA News) - Abu vulkanik dari letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, tersebar sampai ke Kecamatan Sei Bingei di Kabupaten Langkat.

Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat mengimbau warga yang bermukim di Kecamatan Sei Bingei menggunakan masker untuk mencegah dampak sebaran abu terhadap kesehatan.

"Kita sudah menyebarkan masker buat warga di Kecamatan Sei Bingei," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat Haji Ansari Mkes di Stabat, Senin.

Menurut dia, Dinas Kesehatan sudah membagikan sekitar 7.000 masker kepada warga Sei Bingei, yang wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Tanah Karo.

Dinas Kesehatan, lanjut dia, juga sudah membangun dua posko kesehatan di Sei Bingei untuk membantu warga setempat dan pengungsi dari Kabupaten Tanah Karo yang membutuhkan layanan kesehatan.

Posko kesehatan dibangun di Desa Telagah dan Namuterasi, kata Ansari.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat Hardianul Zally, sekarang ada sekitar 131 warga Kabupaten Tanah Karo yang mengungsi ke Langkat.

"Kita juga sudah persiapkan dan mendirikan posko untuk menampung para pengungsi yang datang dari Tanah Karo," katanya.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013