Peringatan Hari Natal tingkat nasional yang akan diselenggarakan Pemerintah, akan menambahkan kerukunan dan kedamaian umat beragama,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman kehidupan masyarakat bergama di Indonesia sudah rukun dan damai.

"Peringatan Hari Natal tingkat nasional yang akan diselenggarakan Pemerintah, akan menambahkan kerukunan dan kedamaian umat beragama," kata Ketua DPD RI, Irman Gusman, ketika menerima kunjungan Panitia Peringatan Hari Natal Nasional tahun 2013, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Pada kesempatan tersebut, Panitia Peringatan Hari Natal Nasional tahun 2013 yang diketuai Balthasar Kambuaya bertemu Irman Gusman untuk memberitahuan rencana peringatan Hari Natal tingkat nasional sekaligus mengundang Irman Gusman sebagai ketua lembaga negara.

Irman Gusman, menyatakan apresiasinya terhadap peringatan Hari Natal tingkat nasional sebagai simbol untuk bersama-sama meningkatkan kerukunan dan kedamaian umat beragama.

Kehidupan masyarakat yang rukun dan damai ini, kata dia, akan menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang kondusif.

"DPD memberikan apresiasi terhadap rencana penyelenggaraan peringatan Hari Natal tingkat nasional, yang diharapkan kehidupan masyarakat semakin rukun dan damai," katanya.

Irman menjelaskan, dari 132 anggota DPD RI, sebagian beragama Kristen yang menjadi turut merayakan peringatan Hari Natal di daerahnya masing-masing.

Anggota DPD RI, kata dia, kadang tak bisa hadir karena pada hari peringatan tingkat nasional, karena ada kesibukan di daerahnya.

Pada kesempatan tersebut, Irman juga memuji kerukunan antarumat beragama misalnya pada penyelenggaraan musyabaqoh tilawatil quran (MTQ) di Ambon, Maluku, dimana umat Nasrani memberikan pertolongan tempat menginap kepada para delegasi peserta MTQ.

"Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu, malah aktif menyukseskan acara MTQ tersebut. Itu menunjukkan bahwa hubungan masyarakat antaragama di Maluku sangat baik dan harmonis. Ini membanggakan, dan penting dilanjutkan ke seluruh pelosok tanah air," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Hari Natal Nasional tahun 2013, Balthasar Kambuaya menjelaskan, rencana penyelnggaraan peringatan Hari Natal tingkat nasional sekaligus mengundang Irman Gusman sebagai ketua lembaga negara.

Menurut Balthasar, peringatan hari Hari Natal tingkat nasional dijadwalkan akan diselenggarakan di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta, pada 27 Desember 2013.

Peringatan Hari Natal tingkat Nasional tersebut, kata dia, juga dijadwalkan akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan pejabat lembaga tinggi negara lainnya.(*)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013