Jakarta (ANTARA News) -  Paris Saint-Germain tinggal sejengkal lagi melangkah ke fase 16 Besar Liga Champions dan kemungkinan lolos sangat besar apalagi akan tampil di kandangnya sendiri saat menjamu Olympiacos dini hari nanti.

Sementara Benfica harus mengawasi Anderlecht yang akan dihadapinya pada laga tandang karena belakangan membaik penampilannya.

Paris Saint-Germain vs Olympiacos
Paris Saint-Germain bisa memacu ke puncak Grup C Liga Champions jika menang di kandang dari Olympiacos dini hari nanti.

Juara liga Prancis ini sudah menang tiga kali dan sekali seri dalam empat laga fase grupnya, termasuk menang 4-1 di kandang Olympiacos pekan-pekan lalu sehingga berjarak tiga poin dari penguntit terdekatnya.

Baik PSG maupun Olympiacos memuncaki klasemen liga domestik masing-masing dan tak pernah kalah.

Tim asuhan Laurent Blanc ini menang 10 kali dari 14 laga Ligue 1 dan terakhir menang 3-0 dari Reims akhir pekan lalu, sedangkan Olympiacos menang tujuh kali berturut-turut di liga domestik dengan terakhir menang 4-1 dari Panthrakikos.

PSG menjadi tak terkalahkan dalam 34 laganya di semua kompetisi kendati mereka tersisih karena gol tandang pada perempatfinal Liga Champions  2012-13 melawan Barcelona. Sedangkan Olympiacos tak terkalahkan pada 13 laga terakhirnya sejak kalah dari PSG September lalu itu.

Hasil mengesankan PSG ini tak lepas dari Zlatan Ibrahimovic. Mantan pemain Barcelona, Milan, Inter dan Juventus ini telah menjaringkan 16 gol dalam 18 laga, dengan tujuh gol dalam empat laga Champions musim ini dan hanya terpaut satu gol dari Cristiano Ronaldo yang sudah mencetak delapan gol.

Olympiacos yang dilatih Konstantinos Mitroglou juga tampil perkasa dengan mencetak 17 gol pada 15 pertandingan terakhirnya, termasuk tiga gol dalam empat laga Liga Champions musim ini.

PSG tak pernah kalah dari wakil Yunani --menang tujuh kali dan sekali seri dalam delapan pertemuannya dengan klub-klub Yunani--- dan tak pernah kalah di Parc des Princes selama  27 pertandingan di segala kompetisi.

Namun Olympiacos memenangi dua laganya di Prancis dan akan bertandang ke Paris dengan kepala tegak lewat rekor mengesankannya dalam bertahan. Dalam 17 laga tandang yang sudah dijalaninya, Olympiacos sudah menang 15 kali.

Anderlecht vs Benfica
Benfica bertandang ke Anderlecht dengan harapan menang untuk menaikkan posisinya yang kini berada tiga poin di bawah Olympiacos yang berperingkat kedua yang mengalahkannya 0-1 dua pekan lalu.

Klub yang ditangani Jorge Jesus ini berselisih enam poin dari pemuncak klasemen Paris Saint-Germain yang hanya perlu seri untuk memastikan lolos ke babak knockout saat menjamu Olympiacos dini hari nanti.

Klub kota Lisbon ini memulai kampanye fase grup dengan mengesankan setelah mengalahkan Anderlecht 2-0 September lalu, namun hanya bisa mencuri satu poin dari tiga pertandingan berikutnya.

Olympiacos mempermalukan Benfica 1-0 pada laga terakhir lalu bulan ini dan klub Portugal ini harus memastikan diri untuk tak tergelincir kembali.

Benfica datang ke gelanggang dengan perasaan sumringah setelah menang 1-0 dari Braga Sabtu pekan lalu dan kini menempati peringkat tiga Liga Primeira Liga, terpaut satu poin di bawah Porto.

Anderlecht harus memenangi dua laga terakhirnya jika ingin lolos ke babak knockout.

Juara liga Belgia ini berada di dasar klasemen namun tampil mengesankan melawan PSG dua pekan lalu, kendati kalah.

Tim asuhan John van den Brom ini sudah kemasukkan10 gol dan gagal mencetak gol pada tiga laga pertamanya, termasuk kalah 0-5 di kandang melawan PSG.

Demy de Zeeuw sempat membuat Anderlecht memimpin di Parc des Princes, namun Zlatan Ibrahimovic menyamakannya dua menit kemudian, dan lalu membalikkan keadaan menjadi 2-1 untuk PSG sehingga Anderlecht pun terjun ke dasar klasemen.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013