Jakarta (ANTARA News) - Pihak BlackBerry mengumumkan  BlackBerry Messenger (BBM) akan hadir sebagai preinstalled atau aplikasi yang langsung tersedia pada beberapa smartphone berbasis Android dari sejumlah pabrikan ponsel pintar (OEMs) di Afrika, India, Indonesia, Amerika Latin dan Timur Tengah, dalam waktu dekat.

"Sangat jelas bahwa pelanggan smartphone menganggap aplikasi BBM sebagai aplikasi yang wajib dimiliki untuk percakapan aktif. Ketertarikan terhadap aplikasi BBM untuk Android dan iPhone sejak diluncurkan hingga saat ini sangat menakjubkan," kata Executive Vice President for BBM BlackBerry, Andrew Bocking, berdasarkan siaran pers yang diterima Antaranews, Kamis.

"Kami sangat senang bekerjasama dengan para pemimpin produsen smartphone Android di seluruh dunia untuk memberikan pengalaman lebih dari biasanya melalui aplikasi BBM preinstalled," tambahnya.

Sejumlah pabrikan ponsel pintar yang akan menghadirkan aplikasi BBM tanpa perlu diunduh ialah Be, Brightstar, Celkon, EVERCOSS, IMO, Micromax, Mito, Snexian, Spice, TECNO, TiPhone dan Zen. Mereka menyambut baik kerjasama ini.

Chief Marketing Officer EVERCOSS, Janto Djojo mengatakan pesan seluler (mobile messaging) merupakan prioritas utama para pengguna ponsel pintar di Indonesia dan aplikasi BBM telah lama menjadi aplikasi terkemuka.

"Aplikasi BBM sangat populer di Indonesia dan sejak ketersediaanya di perangkat Android, aplikasi BBM telah menjadi aplikasi pesan yang wajib dimiliki pelanggan kami," ujarnya.

Marketing Director TECNO Group, Jason Liu mengatakan aplikasi BBM sangat terkenal di Afrika dan para pelanggan akan sangat senang mengakses aplikasi ini untuk terhubung dengan teman dan keluarga mereka secara cepat menggunakan perangkat TECNO.

"Kami bangga dapat mengumumkan kerjasama kami dengan tim BBM di BlackBerry untuk menghadirkan BBM sebagai aplikasi preinstalled di beberapa smartphone berbasis Android kepada pasar ," katanya.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013