London (ANTARA News) - Pasar saham utama Eropa berakhir naik pada Kamis (Jumat dini hari WIB) menyusul reli di Tokyo dan di Wall Street, tetapi perdagangan lesu di tengah libur hari Thanksgiving di Amerika Serikat, kata para dealer .

Indeks acuan FTSE 100 di London merayap naik 0,08 persen menjadi ditutup pada 6.654,47 poin, sementara indeks CAC 40 di Paris berakhir naik 0,22 persen pada 4.302,42 poin, lapor AFP.

Indeks DAX 30 di Frankfurt naik 0,39 persen menjadi berakhir pada 9.387,37 poin, karena investor dalam persaan positif setelah tingkat pengangguran untuk November tetap stabil di 6,9 persen.

Namun demikian volume perdagangan di pasar Eropa rendah.

"Thanksgiving di Amerika Utara telah meninggalkan pasar Eropa bertanya-tanya siapa yang harus diikuti tanpa Daddy menunjukkan jalan mereka dan sebagai akibatnya mereka tidak memberikan banyak kegembiraan. Saya pikir kita semua akan pergi ke rumah juga!" kata William Nicholls, seorang pedagang di London Capital Group.

Menunjuk ke pemain utama FTSE, Rio Tinto, Michael Hewson, seorang analis di CMC Markets, mengatakan berita bahwa penambang Anglo-Australia itu telah meningkatkan kapasitas produksi bijih besi di Australia sementara mengurangi biaya ekspansi, memberikan dukungan terhadap indeks.

Namun kenaikan itu dibatasi oleh langkah bank sentral Inggris (BoE) yang membatalkan skeman pinjaman skema untuk meningkatkan pinjaman hipotek (KPR), di tengah kekhawatiran atas pasar properti di negara itu.

Skema menawarkan pembiayaan murah untuk bank-bank dalam rangka mendorong kredit hipotek dan meningkatkan pertumbuhan yang diluncurkan tahun lalu.

Tetapi Gubernur BoE Mark Carney mengatakan sekarang waktu yang tepat untuk mengambil langkah-langkah guna memastikan "evolusi" pasar perumahan Inggris adalah "konstruktif".

Dalam perdagangan valuta asing, euro terus didukung oleh berita bahwa Kanselir Jerman Angela Merkel akhirnya menyetujui kesepakatan untuk membentuk pemerintahan koalisi guna memimpin ekonomi terbesar Eropa itu.

Euro menguat menjadi 1,3600 dolar dari 1,3576 dolar di New York pada Rabu sore. Euro juga naik menjadi 139,10 yen, setelah pada hari sebelumnya menyentuh 139,18 yen -- tingkat tertinggi sejak Juni 2009.

Di London Bullion Market, harga emas naik menjadi 1.245,50 dolar AS dari 1.245 dolar pada Rabu.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013