Jakarta (ANTARA News) - Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta bekerjasama dengan Visijobs.com menyediakan enam ribu lowongan pekerjaan dalam kegiatan Job Fair.

Rektor Universitas Mercu Buana Jakarta, Arissetyanto Nugroho di Jakarta, Jumat, mengatakan terdapat puluhan perusahaan yang dilibatkan dalam kegiatan Job Fair.

Ditargetkan setiap harinya terdapat dua ribu pengunjung yang hadir mulai dari mahasiswa lulusan UMB, masyarakat umum serta mahasiswa dari kampus lainnya.

"Job Fair ini terbuka untuk mahasiswa UMB dan kampus lainnya serta masyarakat umum. Tidak dikenakan biaya apapun," ujarnya.

Kegiatan Job Fair diselenggarakan selama dua hari yakni mulai tanggal 29 - 30 November 2013 dengan lokasi yakni kampus Universitas Mercu Buana.

Adapun target dari kegiatan ini yakni dapat mengurangi jumlah pengangguran. Apalagi, terkaitnya adanya kenaikan nilai UMK Kota/kabupaten.

Berdasarkan data BPS per Agustus 2011, jumlah pengangguran yakni sebesar 6,56 persen. Lalu pada Agustus 2012, turun menjadi 6,14 persen.

Jika diakumulasikan, jumlah pengangguran di Indonesia saat ini masih tersisa 7,24 juta orang. Penyebab pengangguran yakni karena kesenjangan informasi antara pemberi kerja dan pencari kerja.

Biasanya, pemberi kerja sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang tersedia. Sementara para pencari kerja kekurangan informasi mengenai kebutuhan tenaga kerja dari perusahaan.

"Maka itu, para pencari kerja dan penyedia kerja, kita pertemukan dan sesuai dengan kebutuhan yang ada saat ini dibantu dengan UMB Career dan Training Center," ujarnya.

Perwakilan dari Visijobs.com, Yusuf mengatakan, para pencari kerja setiap harinya terus meningkat. Begitu pula dengan penyedia lapangan kerja.

Dengan adanya kegiatan Job Fair, maka bisa dipertemukan antar pencari kerja dan penyedia lapangan kerja. "Sehingga, kebutuhan yang diinginkan penyedia kerja dapat langsung diketahui pencari kerja," tukasnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013