I'm so crazy excited to be here with you tonight."
Jakarta (ANTARA News) - Alicia Keys tampil "on fire", bersemangat, malam ini.

Suara Keys yang tinggi dan bertenaga tentu sudah tidak asing lagi bagi penonton Skeeno Hall, Gandaria City, Jumat (29/11) malam. Keys, yang malam itu manggung dalam rangka tur "Set The World on Fire", menyajikan suaranya yang khas itu sambil bermain piano.

Suara penyanyi kelahiran 25 Januari 1981 itu tidak hanya lantang saat bernyanyi. Keys pun dengan penuh semangat meminta penonton untuk menyemarakkan konser dengan  berteriak.

"Maybe Jakarta can make some noise," teriaknya dari atas panggung.

Keys tampil dengan format full band dalam konser keduanya di Indonesia. "Karma" dari album "The Diary of Alicia Keys" (2004) dijadikannya sebagai  pembuka konser malam itu.

Penonton yang telah menunggu Keys sejak pukul 19.00 itu pun sontak berteriak begitu melihat sosok Keys yang tampil mengenakan baju biru mengilap dengan bagian depan terbuka dipadu dengan celana ketat hitam.

Keys tidak tampil sendiri ketika membuka konser. Ia diterima beberapa penari laki-laki. Sesekali, Keys dengan anggun meliukkan badannya bersama para penari, tanpa kehilangan kontrol suaranya.

Alicia Keys identik dengan piano. Penampilannya malam itu pun tidak lepas dari grand piano berwarna putih yang kerap dimainkannya, ketika membawakan "You Don't Know My Name", "Like You'll Never See Me Again",  dan "Diary".

Keys malam itu piawai memanjakan penontonnya. Sesekali ia berimprovisasi dalam dialog lirik yang terdapat dalam lagu "You Don't Know My Name". I juga kerap meminta penonton berteriak atau bernyanyi bersama.

"Ladies!" teriak Keys sebelum membawakan "A Woman's Worth".

"A Woman's Worth" merupakan single kedua dari debut albumnya "Songs in A Minor" (2001). Keys yang pernah tampil di ibukota tahun 2008 juga tidak lupan membawakan single yang membuatnya tenar, "Fallin'".

"I keep on fallin'. In and out of love," suara Alicia Keys yang tinggi membuka lagu tersebut.

"Fallin'" membuat Keys memboyong tiga piala untuk kategori "Song of The year", "Best R&B Song", dan "Best Female R&B Vocal Performance" pada Grammy Awards tahun 2002.Lagu itu juga menjadi salah satu lagu dengan penjualan terbaik pada tahun 2001.

Keys rupanya benar-benar senang dengan penampilannya kembali di Jakarta malam itu.

"I'm so crazy excited to be here with you tonight."

Setelah menghibur penggemarnya dengan lagu-lagunya yang menghentak, Keys mengajak penonton sedikit merenung dengan salah satu lagu yang berarti untuk dirinya, "Not Even The King".

"Lagu ini mengajari saya bersyukur. Saya bersyukur atas kesehatan untuk keluarga saya. Saya bersyukur untuk teman-teman band yang luar biasa," katanya.

Keys juga sempat tampil bersama putranya, Egypt Daoud Ibarr Dean, ketika membawakan lagu "No One".

Penonton segera berteriak "we want more" ketika Keys pamit bersama Egypt usai membawakan lagu "No One". Keys pun kembali dengan membawakan sebuah lagu baru, "New Day".

Lagu yang kental dengan irama drum ini berasal dari album terbarunya "Girl on Fire" yang keluar tahun lalu. Keys juga menabuh drum ketika membawakan lagu ini. Tabuhan drum itu rupanya menjadi petunjuk dari lagu Keys berikutnya yang juga banyak menonjolkan bunyi drum.

Kemeriahan konser pun mencapai puncaknya ketika Alicia Keys membawakan "Girl on Fire" sambil terus  memukul drum.

"This girl is on fire. This girl is on fire"

Konser menjadi semakin lengkap ketika Keys akhirnya menutup penampilannya dengan "Empire State of Mind" dengan video latar lansekap kota New York, lengkap dengan gedung-gedung tinggi yang menghiasi kota itu. Jay Z, yang berduet dengannya pun dihadirkan secara virtual melalui video. (*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013