New York (ANTARA News) - Lembaga pemeringkat kredit Moodys menaikkan peringkat obligasi pemerintah Yunani dua tingkat pada Jumat, mengutip membaiknya keuangan publik dan prospek ekonomi yang lebih baik.

Tindakan Moodys mengangkat peringkat Yunani dari "C", tingkat terendah, menjadi "Caa3" yang masih dalam status sub-prime. Prospek untuk peringkat tersebut "stabil".

Peringkat yang lebih tinggi diperlukan, menurut Moodys, setelah Yunani mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki kondisi fiskalnya, mengurangi 74 persen defisitnya sejak 2009 dan menargetkan surplus mendekati 1,5 persen dari PDB pada 2014.

Moodys juga mengatakan ada bukti ekonomi Yunani "keluar dari posisi terbawahnya setelah hampir enam tahun resesi" dan bahwa prospek jangka menengahnya juga meningkat.

Akhirnya, Moodys mengutip beban bunga yang banyak berkurang setelah restrukturisasi utang negara.

Pada Jumat, Menteri Keuangan Yunani Yannis Stournaras mengatakan kepada wartawan bahwa Yunani berharap untuk mencapai kesepakatan mengenai perjanjian untuk membuka talangan keuangan 1,4 miliar dolar AS pada akhir tahun ini.

Negosiasi dengan apa yang disebut troika kreditur -- Uni Eropa, Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Sentral Eropa (ECB).

Athena tidak setuju dengan kreditur tentang proyeksi tingkat kesenjangan pembiayaan untuk 2014 dan tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk menutupinya, demikian laporan AFP.

(A026)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013