Jakarta (ANTARA News) - Google Indonesia mendata informasi yang paling banyak dicari oleh pengguna Internet Indonesia pada pekan lalu, posisi teratas ditempati BBM Versi 7 diikuti Kim Do Yeon, pacar dari Myung Soo alias L dari grup boy band Korea Selatan Infinite.

Dalam keterangan persnya, Google mengatakan bahwa banyak pemberitaan media mengungkapkan ketidakpuasan pengguna Blackberry di Indonesia dengan kerja BBM versi terbaru (versi 8) yang baru dirilis oleh Blackberry. Mereka merasa BBM versi 7 jauh lebih baik sehingga memilih untuk men-downgrade aplikasi BBM mereka.    

Sementara itu, Kim Do Yeon baru-baru ini menjadi pusat perhatian pecinta K-Pop karena mengungkapkan hubungan asmaranya dengan L di akun twitter pribadinya.

Olahraga juga masih menjadi topik populer di Indonesia karena hasil Liga Champion menempati posisi ketiga di peringkat daftar pencarian teratas pekan lalu. Liga Champions baru saja menggelar babak penyisihan grup dan nama-nama besar seperti Manchester United dan Bayern Munchen yang terlibat dalam liga ini menjadi daya tarik bagi para pecinta sepakbola di Indonesia yang mencari tahu hasil dari babak penyisihan ini.

Pengguna Internet Indonesia juga banyak mencari tahu tentang Ayu Hastari, seorang pesinetron, presenter, sekaligus model yang menjadi topik hangat setelah dia dan kekasihnya bertengkar di acara televisi Suka-Suka Uya yang ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta.

Di posisi kelima ada RFID (Radio Frequency Identification). Pemasangan alat RFID yang merupakan bagian program pemerintah Sistem Monitoring dan Pengendalian Bahan Bakar Minyak banyak dicari orang, apalagi setelah ada rumor bahwa pemasangan akaan dikenakan biaya setelah November 2013. Pemerintah mengklarifikasi bahwa kegiatan ini bebas biaya setelah para pemilik kendaraan bergegas memasang alat RFID sehingga menyebabkan antrean panjang di sejumlah SPBU.

Aksi Demo Dokter menempati peringkat enam pencarian terpopuler disusul dengan band rock Jepang Vamps yang baru menggelar konser di Jakarta.

Sementara itu, kasus dokter Ayu juga masih ramai dicari pengguna Internet Indonesia.Dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani dan dua rekan dokter lainnya menjadi topik pembicaraan setelah ketiganya dikabarkan melakukan malpraktik hingga mengakibatkan pasiennya, Fransiska Makatey meninggal dunia. Peristiwa ini sebenarnya terjadi 3 tahun lalu. Dr Ayu dan dua rekan dokternya merupakan dokter yang membantu proses persalinan Ibu Fransiska. Meskipun bayi berhasil dilahirkan dengan selamat, nyawa Fransiska tak dapat tertolong. Pihak keluarga merasa ada sejumlah kejanggalan dalam penanganan persalinan Fransiska dan menuntut dr.Ayu dkk. Keputusan MA yang menjatuhkan hukuman selama 10 bulan kepada ketiga dokter memicu aksi demo dokter di sejumlah daerah.

Posisi sembilan dan sepuluh ditempati kata kunci Askes dan Farhat Abbas. Menjelang transformasi Askes menjadi Bapan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, pemerintah menyatakan tengah melakukan persiapan, salah satunya kegiatan sosialisasi. Berdasarkan UU No. 24/2011 tentang BPJS, Askes akan berubah menjadi BPJS yang memberikan jaminan kesehatan nasional kepada seluruh masyarakat. Sementara Farhat Abbas yang kerap mengatakan pernyataan-pernyataan kontroversial sehingga banyak disorot infotainment baru-baru ini mengutarakan komentarnya terhadap keluarga musisi Ahmad Dhani terkait kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh putra dari Ahmad Dhani. Komentar Farhat ini menimbulkan perseteruan di antara keduanya.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013