Raja-raja dari seluruh dunia akan kumpul di Jakarta

Raja-raja dari seluruh dunia akan kumpul di Jakarta

Raja Yogyakarta Sri Sultan HB X (kedua kanan) dan istrinya GKR Hemas (kanan) menjelaskan mengenai wayang kepada Putra Mahkota Kerajaan Norwegia Haakon Magnus (kedua kiri) dan Putri Mette Marift (kiri) yang berkunjung ke Keraton Yogyakarta pada Rabu (28/11). (ANTARA/Regina Safri)

Jakarta (ANTARA News) - Raja-raja dari seluruh dunia akan berkumpul dalam acara Pagelaran Agung Keraton se-Dunia "World Royal Heritage Festival" di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta pada 5-8 Desember.

"Selain menjadi sarana pelestarian warisan seni dan budaya kerajaan istana nusantara ke duni, acara ini juga diharapkan akan jadi brand bagi Jakarta sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk datang ke sini," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa.

Para pemimpin dari 165 kerajaan Nusantara dan 11 kerajaan di dunia termasuk Inggris, Norwegia, Denmark, dan Afrika Selatan dijadwalkan hadir dalam acara beranggaran Rp20 miliar itu.

Kawasan sekitar Monas akan disulap jadi menyerupai istana kerajaan untuk acara tersebut. Masyarakat bisa menghadiri acara tersebut secara gratis.

"Kecuali kalau ingin melihat pameran yang ada di dalam diorama Monas ya harus bayar tiket masuk Rp5.000," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta Arie Budiman.

Acara "World Royal Heritage Festival" antara lain meliputi pameran keraton dan benda pusaka keraton dan peragaan busana kebesaran kerajaan.

Selain itu juga akan ada pagelaran seni budaya di Plaza Monas Sisi Selatan pada 6-7 Desember pukul 15.00 WIB serta festival kuliner dan demo masakan khas keraton di Plaza Monas Sisi Barat selama 5-7 Desember 2013.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Jokowi tekankan pembangunan IKN baru sebagai bagian dari transformasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar