New York (ANTARA News) - New York Film Critics Circle menobatkan "American Hustle" yang berkisah tentang artis-artis tahun 1970-an yang dipaksa bekerjasama dengan FBI, sebagai Film Terbaik 2013, sekaligus memberi anugerah akting tertinggi kepada Robert Redford dan Cate Blanchett.

Critic Circle disebut anugerah besar pertama menjelang penganugerahan Oscar.

Sutradara asal Inggris Steve McQueen memenangi kategori sutradara terbaik untuk film "12 Years a Slave" yang berkisah tentang seorang kulit hitam bebas yang dijual ke perbudakan dan diangkat dari memoar Solomon Northup tahun 1853.

"American Hustle" yang disutradarai David O. Russell yang akan tayang segera bulan ini, dan "12 Year a Slave" yang adalah pemenang utama Festival Film Internasional Toronto tahun ini, bisa menjadi para kandidat penerima Osca.

Redford menjadi Aktor Terbaik berkat perannya dalam "All is Lost", sedangkan Blanchett menjadi Aktris Terbaik setelah memerankan mantan sosialita dalam film arahan Woody Allen "Blue Jasmine."

Aktor Jared Leto memenangkan kategori Pemeran Pembantu Terbaik untuk film "Dallas Buyers  Club" sebagai perempuan transgender terkena HIV yang membantu menyelundupkan obat untuk pasien AIDS.

New York Film Critics Circle yang mengumumkan anugerah ini lewat Twitter memberi Jennifer Lawrence yang tahun lalu menjadi Aktris Terbaik Oscar dalam "Silver Linings Playbook" menjadi Aktris Pembantu Terbaik atas perannya dalam "American Hustle."

Pemenang New York Film Critics Circle lainnya adalah "Blue is the Warmest Color" untuk kategori film terbaik non bahasa Inggris, sedangkan "Stories We Tell" menjadi film dokumenter terbaik.

"Fruitvale Station" karya sutradara debutan Ryan Coogler menjadi film debutan terbaik.

Bruno Delbonnel memenangi sinematografi terbaik dalam "Inside Llewyn Davis", sedangkan "The Wind Rises," karya sutradara Jepang  Hayao Miyazaki menjadi film animasi terbaik, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013