Wapres AS seru warga China tantang pemimpin mereka

Wapres AS seru warga China tantang pemimpin mereka

Wakil Presiden AS Joe Biden (REUTERS/Kevin Lamarque)

Beijing (ANTARA News) - Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendorong warga China, yang mengajukan permohonan visa, "menantang pemerintah mereka".

Dorongan itu dinyatakan Biden dalam pertemuan singkat di kedutaan Amerika Serikat di Beijing pada Rabu.

Biden, yang didampingi Duta Besar AS untuk China, Gary Locke, melambaikan tangan dan menyapa ratusan warga China yang sedang mengantri di ruangan pelayanan visa.

"Inovasi hanya bisa terjadi ketika kita bisa bernafas dengan bebas, menantang pemerintah, menantang guru kita, menantang pemimpin agama," kata Biden.

Biden sedang melakukan kunjungan di ibukota China itu dalam rangka memenuhi undangan mitranya, Menteri Luar Negeri China Li Yuanchao, kendati ia juga melakukan pertemuan dengan Presiden Xi Jinping.

Masalah dalam agenda utama kunjungannya itu menyangkut zona identifikasi pertahanan udara China di Laut China Timur, yang ditetapkan China baru-baru ini.

Tindakan penetapan zona itu telah membuat resah Washington, Tokyo dan Seoul.

Biden sebelumnya telah menjalankan upaya menjangkau warga biasa China, ia makan siang di restoran mie saat berkunjung ke Beijing pada tahun 2011.

"Kalau anda datang ke Washington, katakan kepada mereka bahwa anda pernah berbicara dengan saya di sini dan saya jamin anda bisa bertemu dengan saya," tambah Biden, yang ditimpali tawa para pemohon visa yang sedang menunggu, demikian Reuters.

(T008)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Indonesia buka peluang batasi penerbangan untuk 4 negara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar