Secara umum, pertumbuhan internet di negeri kita ini selaras dengan pertumbuhan internet di dunia,"
Jakarta (ANTARA News) - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memperkirakan pengguna internet dalam negeri akan mengalami peningkatan menjadi 82 juta orang atau tumbuh 30 persen.

Berdasarkan survei APJII pada 2013, pengguna internet di tahun ini sudah mencapai 62 juta orang atau 24,23 persen dari total populasi Indonesia.

"Secara umum, pertumbuhan internet di negeri kita ini selaras dengan pertumbuhan internet di dunia," kata Ketua APJII Semmy Pangerapan di Jakarta, Rabu.

Gaya hidup masyarakat dianggapnya semakin familiar dengan dunia maya.

"Sekarang memang berbeda. Dulu pada 1995 ketika saya masih mengawali bisnis penyedia layanan masih jarang orang yang melek internet. Terlebih saat itu, seolah hanya ada satu perusahaan yaitu Telkom yang seperti menjadi hegemoni penyedia layanan (Internet Service Provider)," kata dia.

Perkembangan pengguna internet semakin meningkat salah satu penyebabnya adalah bertambahnya pengguna media sosial seperti Facebook dan Twitter. Belum lagi ditambah dengan semakin menjamurnya bisnis jual beli "online" ataupun "e-commerce".(*)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013