Medan (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Sumatera Utara mencatat adanya enam korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas pada Rabu atau hari ketujuh pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2013.

Kasubbid Pengelola Informasi dan Data Bidang Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan di Medan, Rabu malam, mengatakan, jumlah korban tewas itu ditemukan dalam 15 kecelakaan lalu lintas di Sumut.

Jumlah kecelakaan lalu lintas itu juga menyebabkan lima pengguna jalan mengalami luka berat dan 10 lainnya luka ringan.

Jika diperbandingkan pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2012 pada periode yang sama yang menimbulkan empat korban tewas, jumlah tersebut mengalami penurunan 50 persen.

Dengan kecelakaan lalu lintas pada 2012 sebanyak 16 kasus (turun 6,25 persen), jumlah korban luka berat juga turun 16,67 persen (enam orang), dan luka ringan turun 41,18 persen (17 orang).

Kemudian, pelanggaran tertib dan aturan lalu lintas pada hari ketujuh Operasi Zebra Toba 2013 tersebut 2.542 dengan penindakan berupa untuk 2.224 pelanggaran.

Dibandingkan Operasi Zebra Toba 2012 yang tercatat 2.595 kasus, pelanggaran tertib dan aturan lalu lintas tersebut mengalami penurunan 2,04 persen.

Untuk meningkatkan ketertiban dan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas, pihaknya rutin melakukan penyuluhan bagi pengguna jalan.

Pihaknya juga melakukan pemasangan spanduk dan stiker yang berisi imbauan tentang pentingnya tertib lalu lintas tersebut.

"Kita juga rutin mendidik polisi sahabat anak dan mengajarkan cara aman berkendara di sekolah," katanya. (*)

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013