Kiblat sepak bola kita cenderung ke Eropa, kami ingin membawa warna lain,"
Jakarta (ANTARA News) - Klub Liga Sepak Bola Amerika Serikat (MLS) DC United mencari talenta dan potensi pemain Indonesia untuk diajak bergabung bermain dengan klub yang bermarkas di Washington DC tersebut.

Pemilik DC United Erick Thohir dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa kedatangan DC United tidak semata-mata bersifat bisnis namun juga merupakan upaya mereka untuk mencari bakat pemain Indonesia.

"MLS adalah liga yang tidak mudah, sangat atletis dan membutuhkan fisik yang bagus. Jadi talenta saja tidak cukup," kata Erick.

Pengusaha Indonesia itu mengatakan bahwa tim U-19 Indonesia menjadi salah satu yang sangat potensial untuk bermain bersama DC United.

"Tadinya ingin mengundang mereka untuk menjadi pemain tamu, tapi saya tidak mau merusak persiapan mereka. Takut kalau jadi cedera juga. Tunggu sampai mereka selesai tanding di tingkat Asia," kata Erick.

Dalam kesempatan yang sama, Pelatih DC United Ben Olsen mengatakan bahwa ada kesamaan karakteristik permainan di kedua negara.

"Namun, MLS adalah liga yang besar, cepat dan tangguh," kata Olsen seraya menambahkan para pemain harus kuat dan mempunyai "body balance" yang bagus untuk bisa bersaing di dalamnya.

DC United sedang melakukan tur ke Indonesia dan dijadwalkan untuk melakoni laga persahabatan melawan klub Persib Bandung dan Arema Malang.

CEO Mahaka Sport Hasani Abdulgani mengatakan kunjungan DC United ke Bandung dan Malang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi klub-klub lokal khususnya Persib dan Arema untuk mendapatkan tolak ukur dalam mengembangkan potensi mereka ke depannya.

"Kiblat sepak bola kita cenderung ke Eropa, kami ingin membawa warna lain," kata Hasani.

Terpilihnya Bandung dan Malang karena kota tersebut memiliki klub sepak bola yang mempunyai basis pendukung yang besar.

DC United dijadwalkan untuk bertanding melawan Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, pada Jumat (6/12) pukul 19:00 WIB dan akan meladeni laga melawan Arema Malang di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Minggu (8/12) pukul 19:00 WIB yang akan disiarkan langsung oleh SCTV.

Para pemain DC United juga akan memberikan "coaching clinic" sepak bola dalam rangkaian tur mereka ke Indonesia.

DC United adalah salah satu klub terbaik di sejarah sepak bola profesional Amerika Serikat. Mereka telah memenangi berbagai kejuaraan seperti kejuaraan antar klub se-benua Amerika (CONCACAF) pada 1998, Liga Amerika (MLS) sebanyak empat kali, U.S. Open Cup sebayak tiga kali dan sejumlah kejuaraan lokal Amerika lainnya.

DC United juga merupakan klub yang baru saja membuat perjanjian kerjasama berbentuk kemitraan strategis dengan klub Inter Milan. (A059/I015)

Pewarta: Aditya ES
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013