Tokyo (ANTARA News) - Kapal-kapal China memasuki perairan pulau-pulau sengketa yang dikuasai Tokyo di Laut China Timur, Minggu, kata penjaga pantai Jepang, pertama kali sejak Beijing mengumumkan satu Zona Identifikasi Pertahanan Udara di laut itu.

Menurut laporan AFP, kapal-kapal itu memasuki wilayah perairan 12 mil laut sekitar pukul 09.00 waktu setempat (07.00 WIB), salah satu dari pulau-pulau Senkaku, yang juga diklaim China --yang menyebutnya Diaoyu, kata Penjaga Pantai Jepang.

Itu adalah pertama kali kapal-kapal penjaga pantai China memasuki perairan itu setelah Beijing menimbulkan ketegangan regional dengan deklarasinya zona udara itu pada 23 November.

Kapal-kapal China masuk dan keluar dari perairan sekitar kepulauan itu tetapi tidak memasuki perairan wilayah mereka sejak 22 November, kata seorang pejabat penjaga pantai Jepang.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang konservatif, berikrar tidak akan berkompromi menyangkut kedaulatan atas pulau-pulau itu dan meningkatkan pengeluaran untuk pertahanan,yakin bahwa China akan berusaha mengubah statusquonya melalui serangan-serangan laut yang meningkat.

Kapal-kapal milik pemerintah China dan pesawat telah mendekat ke Senkaku dan kemudian pergi untuk menunjukkan klaim wilayah Beijing, terutama setelah Jepang menasionalisasi beberapa pulau itu pada September tahun lalu.

(H-RN)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013