Paris (ANTARA News) - Lionel Messi, Franck Ribery, dan Cristiano Ronaldo pada Senin dinyatakan masuk daftar tiga besar untuk peraih penghargaan Ballon dOr tahun ini, kata badan sepak bola dunia FIFA dan majalah France Football.

Penyerang Barcelona Messi telah empat kali memenangi gelar tersebut, namun ia kelihatannya tidak menjadi favorit kuat pada tahun ini setelah menjalani musim yang dihiasi beberapa cedera, lapor AFP.

Pemain sayap Prancis Ribery merupakan bagian dari tim Bayern Munich yang meraih "treble" yakni menjuarai Liga Champions, Liga Jerman, dan Piala Jerman, serta Piala Super Eropa.

Penyerang Real Madrid asal Portugal Ronaldo memenangi Ballon dOr pada 2008, dan banyak pihak meyakini tahun ini ia akan kembali meraih penghargaan tersebut.

Ballon dOr akan diberikan di Zurich pada 13 Januari.

Mantan pelatih Ribery di Bayern Jupp Heynckes bersaing dengan mantan arsitek Manchester United Alex Ferguson dan Jurgen Klopp (Borussia Dortmund) untuk menjadi pelatih terbaik tim putra tahun ini.

Ralf Kellermann (VfL Wolfsburg), Silvia Neid (Tim nasional Jerman), dan Pia Sundhage (Tim nasional Swedia) terpilih sebagai calon pelatih terbaik tim putri.

Nadine Angerer (Jerman), Marta (Brazil), dan Abby Wambach (AS) merupakan tiga kandidat untuk peraih penghargaan pemain terbaik Putri FIFA.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013