... sopir angkutan umum itu seenaknya memarkir kendaraannya atau ngetem menunggu penumpang kereta... "
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR, Marzuki Alie, menegaskan, petugas instansi-instansi terkait terkait harus menertibkan sekitar pintu perlintasan kereta api guna mencegah kecelakaan lalu lintas seperti terjadi di Bintaro.

Alie dalam pernyataan di Jakarta, Selasa, menyatakan, aparat harus menindak tegas para pengemudi yang berhenti di sekitar pintu kereta karena berpotensi membahayakan keselamatan orang.

"Saya melihat di banyak sstasiun kereta api yang melewati jalan raya, para sopir angkutan umum itu seenaknya memarkir kendaraannya atau ngetem menunggu penumpang kereta yang mau melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum lainnya," katanya.

"Saya juga masih kerap melihat sopir kendaraan umum yang ugal-ugalan dan nampaknya juga masih di bawah umur.Tindak tegas dan cabut izin operasinya," kata dia.

Pemerintah berupaya membenahi sektor transportasi umum. Namun pembenahan harus terus dilakukan terutama mengedukasi pengguna jalan akan pentingnya mematuhi aturan.

Selain pengemudi angkutan umum, masih sangat kerap terjadi pengemudi kendaraan pribadi dan sepeda motor yang menerobos palang pintu perlintasan kereta api karena tidak sabar menunggu kereta api selesai melintas. 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013