counter

Tinjauan singkat 8 laga Champions dini hari nanti

Tinjauan singkat 8 laga Champions dini hari nanti

Bayern Munchen bertekad menciptakan rekor sempurna enam kali menang pada laga melawan Manchester City (championleague.com)

Jakarta (ANTARA News) - Rabu dini hari nanti adalah pertandingan terakhir fase grup untuk delapan tim pertama Liga Champions di mana lima tim --Real Madrid, Paris St Germain, Manchester United, Manchester City, dan Bayern Munchen-- sudah memastikan lolos ke babak 16 Besar.

Enam tim akan berperjuang mendapatkan tiga tiket lainnya ke babak knockout, yaitu Juventus, Olympiakos, Galatasaray, Benfica, Shakhtar Donetsk dan Bayer Leverkusen.

GRUP A
Real Sociedad vs Bayer 04 Leverkusen
Harapan Bayer Leverkusen untuk berlanjut di Liga Champions tetap hidup menjelang lawatan ke Real Sociedad di Grup A Rabu dini hari nanti.
Sociedad sendiri tak pernah kalah di kandang dari klub-klub Jerman, dengan dua kali menang dan sekali seri dalam tiga pertemuan, namun itu terakhir terjadi pada Piala UEFA 1988-1989.
Klub yang dilatih Sami Hyypia ini perlu hasil lebih baik dibandingkan hasil Shakhtar Donetsk melawan Manchester United pada hari dan jam sama nanti, untuk bisa maju ke babak 16 Besar.
Leverkusen memang satu poin di bawah Donetsk namun unggul head-to-head setelah menang 4-0 di kandang dan seri tandang 0-0 melawan Donetsk.
Baik Leverkusen maupun Sociedad menderita kekalahan besar pada pertemuan
terakhir mereka.  Leverkusen dihancurkan United 5-0, sedangkan Sociedad dibantai Donetsk 4-0.
Sociedad yang dilatih Jagoba Arrasate hanya ingin menegakkan kepala mereka pada pertandingan terakhirnya ini karena hanya bisa mengemas satu poin dari lima laga sebelumnya sehingga tak akan bisa mendapat jatah Liga Europa.
Baik Leverkusen maupun Sociedad turun dengan bekal penampilan mengesankan belakangan ini di kompetisi lokal.
Sociedad menempati peringkat enam klasemen La Liga, sedangkan Leverkusen berada di posisi kedua di bawah Bayern Munchen di Bundesliga setelah menang 1-0 dari Borussia Dortmund akhir pekan lalu.
Leverkusen ingin mencetak hasil lebih baik dibandingkan lawatan terdahulunya ke Spanyol saat mereka dibantai 7-1 oleh Barcelona pada 16 Besar Liga Champions dua tahun lalu.
Rekor keseluruhan Leverkusen di Spanyol tak mengesankan dengan hanya dua kali menang dari 13 kali melawan klub-klub Spanyol, serta sembilan kali kalah.
Kemenangan pertama mereka diciptakan saat melawan Deportivo La Coruna pada fase grup musim 2001-2002.

Manchester United vs Shakhtar Donetsk
David Moyes berusaha mencerahkan kemuraman Manchester United dengan mengalahkan Shakhtar Donetsk untuk menjadi juara grup A Liga Champions, sedangkan Donetsk akan mencoba menciptakan kekalahan kandang ketiga kali berturut-turut Setan Merah setelah di liga domestik tumbang dua kali oleh
Everton dan Newcastle, guna memburu tiket mereka ke fase gugur.
United  sudah memastikan diri lolos dengan menghancurkan Bayer Leverkusen 5-0 November lalu, namun Donetsk perlu menyamai atau lebih baik dari Leverkusen yang akan bertandang ke Real Sociedad, agar bisa lolos ke 16 Besar.
Moyes dikritik habis-habisan akibat penampilan buruk timnya di liga domestik, namun mereka tak terkalahkan di Champions musim ini dan hanya perlu satu poin untuk memuncaki klasemen Grup A.
Striker Wayne Rooney akan memperkuat timnya, namun gelandang Michael Carrick absen karena cedera.
Sementara itu tim asuhan Mircea Lucescu akan turun ke gelanggang dengan mencatat empat kemenangan berturut-turut pada semua kompetisi.
Kemenangan 4-0 dari Real Sociedad Oktober lalu membuat klub ini melampaui Leverkusen.  Mereka juga pernah menahan United 1-1 Oktober lalu.
Lucescu tak dihadapkan pada masalah cedera para pemainnya dan pemain Brazil Luiz Adriano yang selalu menciptakan gol pada lima pertandingan terakhir sudah bersiap unjuk gigi di Old Trafford.

GRUP B
Galatasaray vs Juventus
Galatasaray menjamu Juventus di Turk Telekom Arena dalam laga siapa menang itu yang lolos.
Juventus yang dilatih Antonio Conte hanya sekali menang dan tiga kali seri di Grup B di bawah Real Madrid dan berada dua poin di atas Galatasaray. Hasil seri sudah cukup mengantarkan Juve ke babak knockout.
Belakangan ini Juve tampil impresif dengan tak terkalahkan dalam sembilan laga terakhirnya di semua kompetisi.
Pada pertemuan pertama mereka, kedua klub bermain seri 2-2 berkat dua gol dari Didier Drogba dan Umut Bulut untuk Galatasaray dan dua gol Arturo Vidal dan Fabio Quagliarella untuk Juventus
Drogba punya sejarah bagus saat menghadapi Juventus ketika menciptakan gol untuk Chelsea manakal klub ini menang 3-2 dari Juventus pada babak 16 Besar Liga Champions 2008-09.
Bianconeri akan tampil tanpa playmaker Andrea Pirlo akibat cedera lutut, sementara Galatasaray kembali tak akan diperkuat Hamit Altintop.
Roberto Mancini mengaku membutuhkan dukungan besar penonton agar bisa menumbangkan Juventus. "Mereka harus mendukung kami sampai peluit terakhir," kata Mancini.

Copenhagen vs Real Madrid
Real Madrid akan mengakhiri fase grup Liga Champions dengan rekor tak terkalahkan saat melawan Copenhagen nanti.
Tim tamu bertandang ke Parken dengan berstatus pemimpin Grup B untuk menguji tim yang tak terkalahkan pada pertandingan-pertandingan kandang sebelumnya.
Kekalahan 1-3 dari Juventus dua pekan lalu telah mengakhiri impian Copenhagen maju ke babak 16 Besar, namun masih berpeluang tampil di Liga Europa.
Hasil seri tim asuhan Stale Solbakken itu melawan Madrid nanti akan cukup membawa tim ke Liga Europa dengan menempati peringkat tiga, namun jika Galatasaray dikalahkan tamunya Juventus.
Copenhagen kalah 0-4 pada pertemuan pertama melawan Madrid di Santiago Bernabeu Oktober lalu.
Madrid  akan diperkuat kembali Cristiano Ronaldo, namun tanpa dua bek Raphael Varane dan Fabio Coentrao, gelandang Sami Khedira yang ketiganya cedera, serta Sergio Ramos yang tekena larangan bermain akibat kartu merah bulan lalu saat menghadapi Galatasaray.
Tim di bawah Carlo Ancelotti yang sudah melesakkan 18 gol ini akan berusaha melampaui 20 gol yang diciptakan Manchester United dan Barcelona.

GRUP C
Olympiakos Piraeus vs Anderlecht
Olympiakos tinggal di depan mata untuk sampai ke babak knockout Liga  Champions dengan berusaha mengalahkan tamunya Anderlecht.
Klub Yunani yang tak terkalahkan dalam tujuh laga tandang terakhirnya di semua kompetisi kemungkinan besar melaju mudah ke 16 Besar karena yang dihadapinya adalah juru kunci Grup C.
Anderlecht  berjuang keras selama Liga Champions musim ini, namun hanya mendapatkan satu poin dan ini tak cukup meloloskannya ke Liga Europa dan akan finish di dasar klasemen untuk kelima kalinya.
Olympiakos memenangi pertemuan pertama kedua tim dengan skor 3-0 pada Oktober lalu, dan bisa menyisihkan Benfica guna berada di bawah Paris
Saint-Germain karena rekor head-to-head yang lebih baik.
Tapi Olympiakos turun tanpa diperkuat top scorer Kostas Mitroglou karena cedera.
Penyerang berusia 25 tahun ini telah mencetak 23 gol di segala kompetisi untuk klub dan negaranya, termasuk trigol ke gawang Anderlecht, namun cedera sewaktu timnya dikalahkan PSG.
Javier Saviola dan Kostas Manolas juga akan turun, sedangkan Gaetan Bong dan Michael Olaitan absen.
Sementara itu Anderlecht yang menempati peringkat tiga kompetisi lokal Pro
League terhuyung-huyung di ajang Eropa.  Klub asal Belgia ini akan bertandang ke Yunani tanpa pernah menang dalam lima laga fase grupnya.
Pelatih John van den Brom akan tak diperkuat Matias Suarez, sedangkan striker berusia 20 tahun Massimo Bruno akan absen karena larangan bermain.

Benfica vs Paris St Germain
Nasib Benfica di laga ini akan sepenuhnya ditentukan mereka sendiri saat melawan tim tamu yang sudah lolos ke 16 Besar, Paris Saint-Germain.
Tim asuhan Jorge Jesus ioni harus menciptakan hasil yang lebih baik dibandingkan hasil Olympiakos yang akan menjamu Anderlecht, jika ingin maju ke 16 Besar.
Kemenangan 2-1 dari Anderlecht dua pekan lalu membuat Benfica menyamai tujuh poin Olympiakos, namun klub Yunani itu masih unggul head-to-head.
Jesus mengakui prioritasnya adalah juara Liga Primeira, namun dia masih bermimpi mencapai final Liga Champions yang akan digelar di Estadio da Luz, Benfica.
Pada pertermuan pertama mereka di Parc des Princes, PSG menang meyakinkan 3-0 dari Benfica.
Zlatan Ibrahimovic telah mencetak delapan gol atau sama dengan rekor gol Cristiano Ronaldo, Ruud van Nistelrooy, Filippo Inzaghi dan Hernan Crespo, namun karena PSG sudah pasti juara Grup C, Ibrahimovic mungkin diistirahatkan.
Benfica telah 12 kali menjamu tim-tim Prancis dan tak sekali pun kalah, sedangkan PSG memiliki rekor 14 bertemu dengan klub-klub Portugal yang enam diantaranya dimenangkannya.
Tim asuhan Laurent Blanc telah mencetak 15 gol dalam lima laga pertama fase grup, rekor yang hanya kalah dari Real Madrid yang sudah melesakkan 18 gol, sedangkan Benfica hanya mencipta enam gol.
Jesus tak akan diperkuat Ruben Amorim, Guilherme Siqueira dan Eduardo Salvio karena cedera, sedangkan Oscar Cardozo masih diragukan bisa tampil.
Sementara kubu Blanc akan diperkuat kembali Lucas Digne dan Adrien Rabiot.

GRUP D
Viktoria Plzen vs CSKA Moskow
Satu tempat di Liga Europa akan diperebutkan Viktoria Plzen dan CSKA
Moscow, sedangkan dua jatah 16 Besar sudah menjadi milik Bayern Munchen dan Manchester City yang memang mendominasi Grup D.
Plzen berharap memperpanjang kampanye di Eropa untuk tiga musim berturut-turut, namun favorit peraih satu tempat di babak 32 Besar Liga Europa League adalah CSKA.
Tim Leonid Slutsky sudah menang 3-2 saat kedua tim bertemu di Moskow pada laga kedua fase grup. Untuk itu Plzen mesti menang dengan skor lebih baik untuk menyisihkan CSKA dengan selisih gol lebih baik.
Juara liga Ceko ini kalah pada dua laga kandang sebelumnya tanpa mencetak satu pun gol. Ini berbeda dari kampenyanya musim lalu.  Klub ini pernah memenangi 10 dari 11 pertandingan kandang di Doosan Arena pada Piala UEFA.
Sementara itu sebelum kalah tandang 3-0 dan 5-2 masing-masing dari Bayern dan City, CSKA hanya kalah tandang dua kali dari 11 laga tandangnya dalam empat kali kampenyanya di Piala UEFA, Liga Champions dan Liga Europa.
Keisuke Honda mencetak gol kemenangan CSKA atas Plzen September silam dan pertandingan ini adalah yang terakhir untuk playmaker Jepang itu karena Januari nanti akan bergabung dengan AC Milan.
Laga ini juga menandai akhir era Vrba yang akan meninggalkan Plzen 15 Desember nanti untuk menangani timnas Ceko.

Bayern Munchen vs Manchester City
Dua teratas Grup D ini bertemu di Allianz Arena setelah keduanya memastikan lolos ke 16 Besar. Manajer City Manuel Pellegrini memastikan akan mengistirahatkan sejumlah pemainnya sebagai persiapan menghadapi laga hari Sabtu di Liga Premier melawan Arsenal.
"Pastinya Joe Hart akan turun bermain melawan Bayern Munchen," kata pelatih asal Chile itu.
Bayern juga akan menggunakan peluang ini untuk merotasi pemain di tengah upayanya memburu kemenangan kesebelas berturut-turut di semua kompetisi.
Bayern menggunduli Werder Bremen 7-0 hari Sabtu lalu untuk menciptakan 40 laga tak terkalahkan di Bundesliga setelah tim asuhan Pep Guardiola itu menciptakan rekor baru Liga Champions menang 10 kali berturut-turut usai mengalahkan CSKA Moscow 3-1 bulan November.
Kekalahan terakhir Bayern di kancah Eropa terjadi saat Arsenal menang 2-0 pada leg kedua babak 16 Besar musim lalu.
Pada empat laga terakhirnya di Liga Champions di Allianz Arena, Bayern menang empat kali dan menciptakan 14 gol tanpa sekali pun kebobolan.
City kalah empat kali pada delapan laga terakhirnya di Liga Premier musim ini, sedangkan Bayern memenangi19 laga kandangnya pada semua kompetisi sejak ditumbangkan Arsenal.
Mario Gomez menciptakan dua gol Bayern dalam laga berkesudahan 2-0  melawan City pada fase grup 2011-2012. Bayern juga menghancurkan City 3-1 di Etihad Stadium 2 Oktober lalu.
Pellegrini akan kehilangan Stevan Jovetic dan bek Matija Nastasic yang keduanya cedera, ditambah Yaya Toure yang terkena larangan satu pertandingan. Sebaliknya, Bayern tanpa diperkuat Arjen Robben, Holger Badstuber, dan Bastian Schweinsteiger karena cedera.

sumber: goal.com

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar