Cari di google nama toko dan kata kunci 'penipu'. Kalau banyak yang menulis pengalamannya ditipu dari toko itu, jangan belanja di situ. Kalau tidak ada hasilnya, silakan belanja di sana,"
Jakarta (ANTARA News) - Berbelanja barang lewat layanan online merupakan hal yang praktis, namun belum semua orang yakin mencobanya karena khawatir dengan risiko penipuan.

Founder Dailysocial.net Rama Mamuaya memberi kiat menghindari penipuan dunia maya bagi orang yang baru mencoba belanja online.

Dia mengatakan calon pembeli harus jeli dalam memilih toko online yang dituju. "Waspada kalau ada yang mendompleng nama besar tapi pakai domain blogspot," ujarnya di Jakarta, Selasa.

Dia juga menyarankan pembeli untuk menilai reputasi toko yang akan dipilih dengan kata kunci sederhana di situs pencari.

"Cari di google nama toko dan kata kunci 'penipu'. Kalau banyak yang menulis pengalamannya ditipu dari toko itu, jangan belanja di situ. Kalau tidak ada hasilnya, silakan belanja di sana," papar dia.

Faktor kepercayaan memang menjadi modal dari kesuksesan toko online, imbuh dia. Hal tersebut adalah faktor yang menarik para pembeli untuk berbelanja di toko online.

Selain itu, dia juga mengungkapkan kiat sukses bagi pendatang baru yang ingin mencoba berjualan online. Dia menyarankan penjual untuk menyediakan produk unik yang jarang disediakan kompetitor.

"Barang unik maksudnya di tempat lain tidak ada, atau kalau barang itu banyak di pasaran, setidaknya dia bisa menjual dengan harga yang lebih murah," papar dia.(*)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013