Tiga tunggal putri Indonesia melenggang di India

Semarang (ANTARA News) - Tiga tunggal putri Indonesia asal Djarum Kudus melangkah ke babak kedua kejuaraan bulu tangkis "Tata Open India International Challenge 2013" di Mumbai, India, setelah mengalahkan lawan-lawannya di babak pertama.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Kamis, mengatakan, hasil ini patut disyukuri meskipun masih dalam babak-babak awal.

"Ini tandanya latihan keras yang diterapkan dan dipersiapkan pelatih Agus Dwi Santoso ada hasilnya," katanya.

Dinar Dyah Ayustine yang baru merangkak dari kelompok taruna ke dewasa secara mengejutkan menumbangkan unggulan ketiga Tanvi Lad (India) dengan dua gim langsung 21-14 dan 21-17 dalam waktu 45 menit.

Pada babak kedua, Dinar Dyah Ayustine akan menghadapi pemenangan antara Neha Pandit melawan rekannya dari India Sheshadri Sanyal yang tampil pada kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 15 ribu dolar Amerika Serikat ini harus merangkak dari babak kualifikasi.

Sementara itu rekannya Ana Rovita juga membuat kejutan dengan menumbangkan unggulan kedua dari India Arundhati Pantawane. Ana Rovita yang kini menempati peringkat 144 dunia memerlukan waktu 41 menit untuk mengalahkan Arindhati dengan tiga gim 17-21,21-13, dan 21-13.

Pada babak kedua, Ana Rovita akan menghadapi tunggal putri tuan rumah lainnya Karishma Wadker yang juga merangkak dari babak kualifikasi. Pada babak pertama, pemain India ini menyingkirkan rekannya Jacquelina Rose Kunnath dengan dua gim langsung 21-17 dan 21-13.

Kemudian unggulan pertama Febby Angguni tanpa kesulitan melangkah ke babak kedua setelah menyingkirkan pemain tuan rumah Aditi Mutatkar dengan dua gim langsung 21-19 dan 21-6 dalam waktu 27 menit.

Pada babak kedua, Febby Angguni yang menempati peringkat 36 dunia tersebut akan menghadapi pemain tuan rumah lainnya Arathi Sari Sunil yang sebelumnya menyingkirkan rekannya Sara Naqvi dengan dua gim langsung 21-16,22-20.

Sementara itu satu-satunya tunggal putra Indonesia yang ikut pada kejuaraan ini Nathaniel Ernestan Sulistyo gagal melangkah ke babak kedua setelah disingkirakn unggulan kedelapan dari India Anup Sridhar dengan dua gim langsung 12-21 dan 5-21.

Italia

Sementara itu tunggal putra Indonesia asal Djarum Kudus Andre Kurniawan Tedjono yang tampil pada kejuaraan bulu tangkis XIII Italian International 2013 di Roma. Italia, melangkah ke babak semifinal.

Pada babak perempat final, Andre Kurniawan yang menempati peringkat 70 dunia tersebut berhasil menyingkirkan unggulan kelima Vladimir Malkov dari Rusia dengan dua gim langsung 21-14 dan 21-16 pada babak perempat final.

Pada babak empat besar, Andre Kurniawan akan menghadapi ungulan pertama dari Finlandia Ville Lang yang menyingkirkan unggulan keenam dari Denmark Joachim Persson dengan dua gim langsung 21-19 dan 21-19.

Pertemuan antara Andre Kurniawan dengan Ville Lang yang menempati peringkat 38 dunia besok merupakan yang ketiga kalinya dan dua kali pertemuan sebelumnya Andre selalu menang atas tunggal putra dari Finlandia tersebut.

"Saat ini Andre sedang bermain di salah satu klub bulu tangkis di Jerman, Dia (Andre Kurniawan) terikat kontrak dengan klub tersebut," kata Yoppy Rosimin.

Pada nomor ganda putra, pasangan Christopher Rusdianto/Trikusuma Wardhana juga melangkah ke babak semifinal setelah menyingkirkan pasangan Rusia Nikita Khakimov/Vasily Kuznetsov dengan dua gim langsung 21-17 dan 21-13.

Pada babak empat besar, pasangan Indonesia yang menempati unggulan kelima tersebut akan menantang unggulan pertama dari Polandia Adam Cwalina/Przemyslaw Wacha yang menyingkirkan unggulan kedelapan Niclas Nohr/Nikolaj Overgaard dengan dua gim langsung 21-13,21-16.

(H015/D011)

Pewarta: Hernawan W
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Tunggal Putri Ruselli Hartawan beri perak untuk Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar