Islamabad (ANTARA News) - Ketua Provinsi Balochistan Pakistan Mir Jan Mummaad Jamali dan Duta Besar Iran untuk Pakistan Alireza Haqiqian menyerukan perluasan kerja sama bilateral terutama antara provinsi berbatasan kedua negara.

Dalam pertemuan yang berlangsung Sabtu tersebut kedua pihak menekankan perlunya untuk meningkatkan kerja sama antara provinsi Balochistan Pakistan dan Sistan dan Baluchestan, Iran.

Haqiqian mengatakan, para pejabat dari kedua provinsi harus bertukar kunjungan untuk membantu memperkuat hubungan bilateralnya, menyuarakan kesiapan Iran untuk memperluas kerja sama dengan Pakistan di semua bidang termasuk perdagangan, ekonomi, urusan Parlemen, pendidikan tinggi dan transportasi .

Kedua pemimpin selama pertemuan menggarisbawahi kebutuhan untuk dimulainya kembali penerbangan langsung antara Zahedan dan Quetta. Mereka juga membahas kemungkinan pembentukan penerbangan langsung Mashhad-Quetta dan Teheran-Quetta.

Kedua pihak menyerukan perluasan kerja sama Parlemen.

Sebelumnya Majlis Wakil Ketua Mohammad Hassan Abutorabifard mengundang Jamali untuk mengunjungi Iran yang diterima olehnya. Jamali mengatakan kepada duta besar Iran bahwa ia akan mengunjungi Iran sesegera mungkin.

Kedua pemimpin juga sepakat untuk melaksanakan perjanjian bilateral dan menghapus segala macam rintangan dalam hal itu.

Duta besar Iran untuk Pakistan juga bertemu dengan Ketua Kamar Dagang dan Industri Balochistan dan membahas ekspansi perdagangan serta kerja sama ekonomi antar-provinsi berbatasan kedua negara.

Haqiqian dalam kesempatan itu mengatakan Konsulat Iran di Quetta telah memfasilitasi penerbitan visa bagi para pedagang Pakistan.

Dia mengatakan Teheran siap untuk meningkatkan ekonomi dan perdagangan mereka dengan Islamabad.
(AK)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013