Banyak juga peserta dari Indonesia Timur"
Jakarta (ANTARA News) - Cinema 21 akan menggelar XXI Short Film Festival untuk kali keduanya pada tahun depan.

Cinema 21 kini tengah mempersiapkan festival yang akan diadakan di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, pada 13-16 Maret 2014. Sejak Oktober lalu, panitia telah mengadakan roadshow ke beberapa kota di Indonesia, seperti Medan, Manado, Banjarmasin, Malang, Yogyakarta, Banjarmasin, dan Solo.

Dalam roadshow itu, mereka memutarkan film-film pemenang XXI Short Film Festival tahun pertama sekaligus diskusi singkat seputar film pendek dengan sutradara film pemenang.

Kegiatan itu juga mereka jadikan pendaftaran kompetisi film pendek yang terbagi dalam kategori: film pendek fiksi naratif, film pendek animasi, film pendek dokumenter.

Hingga pendaftaran terakhir 2 Desember lalu, 423 film pendek masuk ke Cinema 21. Program Director XXI Short Film Festival Nauval Yazid mengatakan 52 persen dari film yang masuk berasal dari luar Jabodetabek.

"Banyak juga peserta dari Indonesia Timur," katanya ketika ditemui di XXI, Kota Kasablanka, sore ini.

Sama seperti tahun lalu, masing-masing kategori akan diisi oleh 10 finalis.

"Kami ingin terus cari bibit muda yang ingin berkarya di perfilman," kata Catherine Keng, Corporate Secretary Cinema 21 yang juga menjadi Direktur Festival ini.

Tahun ini XXI Short Film Festival berkolaborasi dengan asosiasi dari dunia film untuk mengadakan lokakarya bagi pemula, Januari mendatang.

Asoiasi itu adalah PILAR (Penulis Layar Lebar Indonesia), IFDC (Indonesian Film Directors Club), APROFI (Asosiasi Produser Film Indonesia), dan AINAKI (Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia).

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013