Jakarta (ANTARA) - Sebanyak empat bakal calon independen atau perseorangan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta sudah mendapatkan akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) untuk mengunggah data dukungan.

"Keempat calon itu adalah Dharma Pongrekun, Sudirman Said, Noer Fajriansyah dan Poempida Hidayatullah," kata anggota KPU DKI Jakarta Dody Wijaya di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan keempat bakal calon itu sudah melakukan konsultasi ke KPU Jakarta dan mengambil akses ke aplikasi pencalonan.

Menurut dia, calon yang pertama konsultasi adalah mantan Kepala Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) Dharma Pongrekun dan timnya. Kemudian Komisaris PT Petrokimia Gresik (Persero) yang juga mantan Ketum PB HMI Noer Fajriansyah.

Selanjutnya ada mantan Menteri ESDM Sudirman Said dan timnya serta terakhir Poempida Hidayatullah yang berkonsultasi pada Sabtu (12/5). "Sabtu sore ada Poempida yang kami berikan akses Silon," kata dia.

Baca juga: Baru satu calon independen bakal mendaftar ke KPU DKI
Baca juga: Sudirman Said maju Pilgub DKI melalui jalur perseorangan

 
Ketua Divisi Teknis KPU DKI Jakarta Dody Wijaya dalam sosialisasi pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilihan umum tahun 2024, Jakarta, Kamis (1/2/2024). ANTARA/Luthfia Miranda Putri
Ia mengatakan, minat dari bakal calon independen yang ingin berlaga di Pilgub DKI cukup tinggi karena sudah ada empat orang yang serius melakukan konsultasi.

"Tapi kita tunggu nanti apakah syarat dukungannya terpenuhi yang di dalam Silon, kita tunggu sampai pukul 23.59 WIB," kata dia.

KPU DKI Jakarta siap memberikan pelayanan dalam bentuk "help desk", baik tatap muka, telepon, lewat sarana teknologi informasi jika pasangan ini mengalami kesulitan dalam mengunggah syarat dukungan.

Menurut dia, sejumlah kesulitan lebih ke soal teknis bagaimana cara mengunggah dukungan dalam Silon.

"Itu kan teknis banget, kadang-kadang kalau ada yang kesulitan tidak masuk, itu kita berikan layanan di 'help desk' ini," kata dia.
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024