Penampilan kami dari waktu ke waktu terus meningkat...Saya bertambah yakin, bahwa penampilan kami terus membaik di bulan-bulan mendatang
Stoke on-Trent (ANTARA News) - Sama-sama ingin meraih kemenangan kemudian menumpahkan asa optimistis bahwa "hari esok penuh harapan" akhirnya menyambangi dua pelatih, Mark Hughes di kubu Stoke City, dan David Moyes di kubu Manchester United (MU).

The Potters, julukan Stoke City, bergegas menebar ambisi untuk menembus semifinal Piala Liga (Capital One) untuk kali pertama sejak 1972.

Stoke menjamu "The Red Devils" di Britania Stadium, pada Kamis, pukul 02.45 WIB. Pertandingan akan ditayangkan oleh Orange TV dan beIN Sport.

Manchester United lebih berada di atas angin ketimbang Stoke. Moyes mendamba bahwa dewi Fortuna terus merasuk Wayne Rooney dan kawan-kawan.

Ini justru membuat pelatih Skotlandia itu berada di bawah tekanan, lantaran skuad asuhannya mampu menangguk  kemenangan, yakni melawan Aston Villa (3-0) dan  di ajang Premier League, Shakhtar Donetsk (1-0) di ajang Liga Champions.

Sebelumnya, pasukan asuhan Moyes menuai dua kekalahan, 0-1 ketika melawan Newcastle United (7/12) dan 0-1 melawan Everton di Old Trafford (4/12). Benar-benar "Desember kelabu" bagi Moyes.

"Penampilan kami dari waktu ke waktu terus meningkat," katanya kepada Sky Sports. "Saya bertambah yakin, bahwa penampilan kami terus membaik di bulan-bulan mendatang."

Statistik justru tidak memihak Stoke. Capaian Stoke jauh di bawah MU, yakni tidak pernah meraih kemenangan dari 11 laga terakhir di ajang Premier League. Dan Stoke baru dua kali mengenyam pertandingan semifinal di Piala Capital One, yakni pada musim kompetisi 1963/1964.

Di bawah arahan mantan pemain MU, Mark Hughes, Stoke terus berusaha menunjukkan penampilan terbaik di setiap kompetisi.

Komentar dua pelatih:

Mark Hughes (Stoke City):   
"Saya menyadari bahwa jadwal pertandingan demikian ketat, dan banyak kemungkinan dapat saja terjadi. Pertandingan ini memotivasi kami untuk meraih kemenangan. Ini akan tergambar dari  susunan pemain yang saya turunkan dalam laga melawan mereka."

"Anda menyadari bahwa segala sesuatunya dapat saja terjadi dalam kurun waktu tertentu. Untuk itu, anda tidak dapat begitu saja meremehkan pemain lawan. Pada saatnya, anda perlu berharap memperoleh kemenangan, termasuk ketika anda berlaga di Premier League atau di kompetisi lainnya."

"Kami punya skuad yang mampu tampil baik. Para pemain kini termotivasi untuk merebut kemenangan. Mereka ingin berbuat yang sebaik-baiknya bagi tim. Saya tahu persis, bahwa hanya tim yang berkualitas yang dapat meraih kemenangan. Untuk itulah, kami berusaha tampil berkualitas."

David Moyes (Manchester United):
"Seperti banyak klub lainnya, Stoke kini sedang menjalani dan melewati masa transisi. Mark pelatih yang sangat berpengalaman di Premier League. Ia terus menyiapkan Stoke dengan sepenuh hati dan sekuat tenaga."

Anatomi kedua tim:
* MU tidak pernah kalah dalam lima pertandingan tandang ke Brittania Stadium. Mereka bahkan mampu menang melawan Shakhtar dan Aston Villa pada pekan lalu.
* Grafik penampilan The Potters terus menanjak di musim ini, utamanya ketika bertanding di kandang, bahkan mereka mampu menang 3-2 melawan Chelsea.
* Robin van Persie absen dalam beberapa bulan ke depan karena masih mengalami cedera, sementara Michael Carrick masih bergelut dengan cedera, karena itu pemain ini tidak siap melawan Stoke.
* Shinji Kagawa tidak turun ketika MU menang atas Aston Villa pada pertandingan pekan lalu. Pemain asal Jepang itu mengalami cedera ringan. Moyes berharap kepada Chris Smalling dan Marouane Fellaini yang lebih siap turun bertanding pada pekan ini.
* Pemain bertahan Stoke, Robert Huth absen karena mengalami cedera lutut. Gelandang Marko Arnautovic dan  Steven Nzonzi mampu membuat penampilan The Potters semakin stabil di lini tengah, sementara striker Peter Crouch masih diliputi tanda tanya apakah akan diturunkan atau tidak.

Prakiraan susunan pemain:

Stoke City (4-2-3-1):

Sorensen (penjaga gawang), Pieters, Showcross, Wilkinson, Wilson, Assaidi, Palacios, Nzonzi. Ireland, Pennant, Jones.
Pemain cadangan:
Begovic, Walters, Muniesa, Whelan, Crouch, Arnautovic, Adam, Cameron

Manchester United (4-2-3-1):
Lindegaard (penjaga gawang), Rafael, Evans, Jones, Buttner, Nani, Anderson, Cleverly, Januzaj, Rooney, Welbeck
Pemain cadangan:
De Gea, Giggs, Vidic, Young, Ferdinand, Valencia, Fletcher, Fabio
      
Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Stoke City 1-3 Manchester United (16,23 persen)
* Stoke City 0-2 Manchester United (14,61 persen)
* Stoke City 0-3 Manchester United (12,42 persen)

Head to Head:

England - Premier League (EPL)
26  Oct 2013    Manchester United 3 - Stoke City 2     
14  Apr 2013    Stoke City 0 - Manchester United 2     
20  Oct 2012    Manchester United 4 - Stoke City 2     
31  Jan 2012    Manchester United 2 - Stoke City 0     
24 Sep 2011    Stoke City 1 - Manchester United 1     

Lima laga terakhir:     

Stoke City:
14 Dec 2013     Hull City 0 - Stoke City 0    EPL
  7 Dec 2013     Stoke City 3 - Chelsea Fc 2  EPL
  4 Dec 2013     Stoke City 0 - Cardiff 0   EPL
30 Nov 2013     Everton 4 - Stoke City 0  EPL
23 Nov 2013     Stoke City 2 - Sunderland 0  EPL

Manchester United:
15 Dec 2013     Aston Villa 0 - Manchester United 3    EPL
10 Dec 2013     Manchester United 1 - Shakhtar Donetsk 0  UCL
  7 Dec 2013     Manchester United 0 - Newcastle United 1   EPL
  4 Dec 2013     Manchester United 0 - Everton 1    EPL
  1 Dec 2013     Tottenham 2 - Manchester United 2    EPL

Narasi prediksi:
* Melawan Stoke, tentu  Moyes ingin membuktikan diri sebagai pelatih yang memang layak bagi MU, meski ia makin menyadari bahwa kompetisi makin berat.

* Moyes tentu terus memotivasi para penggawa Setan Merah agar terus tampil optimal di setiap pertandingan dengan meraih kemenangan. Dan pelatih pengganti Ferguson ini mampu memberi bukti, setidaknya dalam dua laga terakhir ini.

* Hughs percaya diri karena laga digelar di kandang The Potters. Peter Crouch sebagai mantan striker Liverpool dan Spurs tahu betul bagaimana cara ampuh menghadapi MU.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Stoke City: 0
Manchester United: 2

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013