Yogyakarta (ANTARA News) - Pancasila dan kearifan lokal yang menjadi identitas bangsa di beberapa tempat hanya menjadi slogan, kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Rochmat Wahab.

"Saat ini sebagian anak bangsa seolah-olah telah kehilangan karakter. Berbagai perilaku amoral, tindakan anarkis, dan perilaku koruptif menjadi tontonan menarik di berbagai media," katanya di Yogyakarta, Rabu.

Oleh karena itu, kata dia terkait dengan penyelenggaraan Dies Natalis Ke-50 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), isu dan gerakan memantapkan pendidikan karakter sungguh memiliki relevansi yang strategis bagi masa depan Indonesia yang lebih baik.

"Berkaitan dengan hal itu, peringatan usia setengah abad UNY mengambil tema Memantapkan Pendidikan Karakter untuk Melahirkan Insan bermoral, Humanis, dan Profesional," katanya.

Ia mengatakan tema itu merupakan serangkaian ide yang lahir atas apa yang menjadi cita-cita UNY ke depan. Gagasan itu sekaligus memantapkan identitas UNY sebagai kampus "leading in character education".

"Dies Natalis Ke-50 UNY merupakan momentum emas bagi universitas untuk merefleksikan apa yang telah diperbuat dalam perjalanan sejarahnya. Usia 50 tahun bukan usia muda atau dewasa, tetapi merupakan usia matang," katanya.

Hal itu, kata dia, harus menyadarkan sivitas akademika UNY bahwa kampus eks IKIP Yogyakarta itu telah bergerak ke depan dan mengukir banyak pemikiran dan karya seiring dengan usianya.

"Untuk itu, momentum usia emas pada 21 Mei 2014 harus menjadi titik bangkit UNY dalam mempublikasikan karya dan pemikirannya secara masif. Bagaimana pun pada era informasi saat ini publikasi memegang peran penting," katanya.

Menurut dia, tanpa publikasi yang baik dan strategis, segala upaya yang dilakukan akan kehilangan jejaknya, sirna bersama angin. Hal itu tentu bukan pilihan UNY yang sedang giat mengukir sejarah dan membangun kebanggaan terhadap almamater.

"Oleh karena itu, saya berharap semua kegiatan dalam Dies Natalis Ke-50 UNY pada 2014 dapat terpublikasikan dengan baik, tepat sasaran, dan memiliki nilai strategis bagi kemajuan UNY di masa selarang dan di masa datang," kata Rochmat.

Ketua Panitia Dies Natalis Ke-50 UNY Widyastuti Purbani mengatakan dalam rangka memperingati usia emas itu UNY akan menggelar kegiatan yang mengarah pada pengembangan nilai dan watak humanis dan profesional, dan tetap berada pada koridor nilai yang dikembangkan UNY, yakni ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

"Dalam bingkai tema itu sebanyak 80 kegiatan akan digelar dalam bentuk temu ilmiah, lomba atau festival, olahraga, pameran. bakti sosial, pentas seni, pemberian penghargaan, dan upacara yangt melibatkan sivitas akademika, karyawan, alumni, guru, dan masyarakat," katanya. (B015/M008)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013