Bogor (ANTARA News) - Mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda memuji capaian prestasi ekonomi Indonesia sembilan tahun terakhir di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Beliau ... menyampaikan apresiasi(pujian,red) yang tulus selaku pribadi dan komunitas pebisnis Jepang terhadap capaian prestasi ekonomi Indonesia dalam sembilan tahun terakhir di bawah kepemimpinan presiden," kata Juru Bicara Presiden Julian A Pasha di Istana Bogor, Jumat, seusai mendampingi Presiden Yudhoyono menerima Fukuda.

Fukuda, jelas Julian, membandingkan pendapatan per kapita Indonesia pada 2004 dan 2013 yang meningkat empat kali lipat.

"Ini sesuatu yang tidak biasa atau bisa dikatakan luar biasa menurut Pak Fukuda karena dalam catatan beliau tidak ada negara lain yang demokratis sebesar Indonesia bisa mencapai percepatan perekonomian sebesar itu sampai empat kali lipat," katanya.

Menurut Julian, dalam pertemuan itu juga disampaikan jika enam perusahaan raksasa atau terkemuka di Jepang telah berkomitmen untuk menanamkan investasi di Indonesia.

Hal tersebut, kata Julian, dapat menjadikan Jepang sebagai negara investasi terbesar di Indonesia sejak Desember tahun ini.

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013