... sekaligus menunjukkan praktik gratifikasi di Kota Parepare, khususnya di unit layanan SIUP sangat minim... "
Makassar (ANTARA News) - Kota Parepare di Sulawesi Selatan pantas berbangga karena Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan kota itu memiliki kualitas pelayanan publik terbaik di Indonesia.

"Hal tersebut berdasarkan survei integritas sektor publik yang dilaksanakan lembaga KPK bahwa Parepare berhasil meraih angka 7,71 mengalahkan sejumlah kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Yogyakarta, Denpasar dan Mataram," kata Juru Bicara Kota Parepare, Iskandar Nusu, Jumat.

Dari hasil penilaian itu, setelah Parepare pada posisi pertama, disusul Surabaya pada urutan kedua dengan skor 7,64. Sementara Kabupaten Bitung di urutan ketiga dengan skor 7,54. Sedang urutan keempat Kota Tanjung Pinang dengan skor 7,50.

Menurut dia, prestasi itu berhasil membawa nama Parepare yang dikenal sebagai kota jasa menjadi satu-satunya daerah di Indonesia di wilayah timur yang berhasil masuk 10 besar, selain Kota Gorontalo yang menduduki rangking lima dengan skror 7,49.

Adapun tiga indikator dalam penilaian KPK yakni indeks integritas unit layanan SIUP, indeks integritas unit layanan kesehatan dasar dan indeks integritas unit layanan Pengadaan Barang Jasa.

Indeks integritas unit layanan SIUP menjadi penyumbang poin tertinggi terhadap Kota Parepare yakni 7,92.

"Ini sekaligus menunjukkan praktik gratifikasi di Kota Parepare, khususnya di unit layanan SIUP sangat minim," kata Nusu.

Sesuai penjelasan Wakil Ketua KPK, Busyoro Muqoddas, survei integritas itu dilakukan terhadap 85 instansi, terdiri atas 20 instansi pusat, lima instansi vertikal dan 60 instansi pemerintah daerah.

Jumlah respondennya mencapai 15.000 yang terbagi 484 unit layanan dengan rincian sebagai berikut 40 unit layanan insansi pusat dengan 1.200 responden, 264 unit layanan instansi vertikal dengan 8.160 responden dan 180 unit layanan di pemda dengan 5.640 responden.

Pada keterangan terpisah, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mengatakan, bangga dan berharap capaian tersebut dapat terus dipertahankan.

Menurut dia, prestasi tersebut diraih berkat komitmen bersama seluruh jajarannya yang didukung seluruh komponen masyarakat Parepare.

"Pengakuan KPK ini diharapkan ke depan dijaga dan lebih ditingkatkan dengan menciptakan pelayanan publik yang tidak saja baik, tetapi juga lebih transparan dan akuntabel," ujarnya.

Pewarta: Riesmawan Yudhatama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013