Roma (ANTARA News) - Jutaan penggemar dari seluruh dunia akan memiliki kesempatan untuk memilih nama mobil balap Formula 1 Ferrari 2014 melalui Internet pada Januari, kata tim Italia itu pada Jumat.

Mobil Ferrari pada musim ini adalah F138, kombinasi tahun dan kehormatan bagi mesin V8 di musim terakhir sebelum digantikan unit V6 turbocharger dengan sistem pemulihan energi, lapor Reuters.

Tim itu, yang akan diperkuat pebalap Spanyol Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen asal Finlandia pada musim depan, memiliki setengah juta simbol `likes` di akun Facebook mereka, sedangkan pabrikan Ferrari memiliki 12,6 juta `likes.`

Akun resmu Ferrari (@InsideFerrari) memiliki lebih dari 670.000 pengikut (follower).

Ferrari menyelesaikan musim ini dengan menduduki peringkat ketiga kategori konstruktor, di belakang juara Red Bull dan Mercedes, meski Alonso merupakan runner up di klasemen pebalap.

Presiden Luca Di Montezemolo mengatakan kepada para pewarta pada makan siang Natal di trek pengujian Fiorano, bahwa ia tidak sabar melihat pasangan baru pebalap dan mengharapkan keduanya dapat bekerja sama dengan baik.

Ferrari memperkenalkan mesin mereka, yang sejauh ini disebut 059/3, dengan cara yang elegan di mana mereka menggunakan pertunjukan film 3 dimensi di pabrik Maranello pada Kamis.

Kepala mesin dan elektronik Luca Marmorini mengatakan kepada para pewarta bahwa realibilitas dan ekonomi akan menjadi perhatian utama bagi semua tim di era baru, di mana para pebalap hanya dapat menggunakan 100 kilogram bahan bakar pada sepanjang balap.

"Akan relatif mudah untuk finish dengan 100 kilogram (bahan bakar) pada beberapa balap, yang lain akan lebih menantang," tuturnya. "100 kilogram di Melbourne dan 100 kilogram di Monaco benar-benar berbeda."


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013