Manila (ANTARA News) - Presiden Filipina Benigno S. Aquino III, Sabtu, secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-Moon atas bantuan dan perhatian yang disampaikan kepada negara itu setelah dilanda topan Haiyan November lalu.

Aquino mengungkapkan rasa terima kasihnya selama kunjungan kehormatan yang dilakukan oleh Ban Ki-Moon di Malacanang, istana presiden, sebelum Ban terbang ke Kota Tacloban di Provinsi Filipina tengah, Leyte, daerah yang paling parah dilanda topan Haiyan, yang juga dikenal sebagai Yolanda.

Aquino dan Sekjen PBB membahas upaya pemulihan dan rekonstruksi untuk daerah-daerah yang dilanda topan, kata Juru Bicara Wakil Presiden Abigail Valte dalam wawancara dengan sebuah stasiun radio yang dikelola negara.

Ban tiba di negara itu Jumat malam dan akan tinggal sampai Minggu. Dia akan mengunjungi daerah yang paling hancur dan secara pribadi menilai kerusakan serta menyampaikan solidaritas kepada para korban topan super Haiyan, yang dianggap sebagai topan terkuat yang pernah menghantam planet bumi dalam beberapa tahun terakhir ini.

Data korban tewas resmi terbaru akibat topan Haiyan di Filipina telah naik menjadi 6.102 jiwa, sementara jumlah orang yang hilang masih tetap di 1.779 jiwa, demikian laporan Xinhua.

(H-AK)



Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013