Perusahaan berperan sukseskan pembangunan berkelanjutan

Perusahaan berperan sukseskan pembangunan berkelanjutan

Emil Salim (FOTO ANTARA/Hermawan)

Kesadaran pelaku bisnis untuk menjalankan usaha yang ramah lingkungan menjadi jaminan keberlangsungan kehidupan generasi yang akan datang,"
Jakarta (ANTARA ntara) - Pakar Lingkungan Hidup yang juga Ekonom Senior Emil Salim mengtakan perusahaan memiliki peran strategis dalam menyukseskan program pembangunan berkelanjutan.

"Kesadaran pelaku bisnis untuk menjalankan usaha yang ramah lingkungan menjadi jaminan keberlangsungan kehidupan generasi yang akan datang," kata Emil Salim dalam siaran pers, di Jakarta, Sabtu.

Pernyataan Emil tersebut terkait dengan peluncuran pedoman pelaporan keberlaniutan atau pelaporan CSR untuk kawasan Asia Tenggara kerja sama Global reporting Initiative (GRI) berkolaborasi dengan National Center for Sustainability Reporting (NCSR).

Pedoman yang disebut GRI G4 tersebut, pertama kalinya diluncurkan pada 22 Mei 2013 yang lalu di Amsterdam, Belanda, dalam Konferensi Global Pelaporan Keberlanjutan.

Terkait hal tersebut, NCSR juga kembali menggelar penghargaan "Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) 2013" kepada perusahaan-perusahaan yang telah mengembangkan laporan keberlanjutan atau pelaporan CSR.

Ketua NCSR, Ali Darwin mengatakan laporan CSR memuat kinerja perusahaan dalam tiga dimensi yaitu ekonomi, lingkungan, dan sosial.

"Kini semakin banyak investor yang meminta perusahaan mengungkapkan aspek lingkungan dan sosial dalam laporan tahunan sehingga investor mendapat kepastian tentang masa depan investasinya ditinjau dari aspek lingkungan dan aspek sosial," katanya.

Menurut Ali Darwin, penghargaan ini bisa menjadi alat bagi para pemangku kepentingan untuk menilai suatu perusahaan mengatasi isu keberlanjutan seperti penghematan dan konservasi energi, pengelolan air, pengelolaan limbah dan mengatasi pencemaran udara.

Selain itu, isu sosial seperti partisipasi perusahaan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

Dari 34 perusahaan yang mengikuti ISRA, PT Kaltim Prima Coal menjadi juara umum sebagai "Best Sustainability Report 2012 Overall".

Perusahaan ini dinilai memiliki laporan terbaik di Indonesia dalam segi pengungkapan dan tampilan.

Sementara itu, PT Antam meraih "Best Website 2013" karena memiliki kelengkapan informasi lingkungan dan sosial, dan PT Timah berhasil meraih "Best CSR Disclosure in Annual Report 2012".(*)

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Delegasi Belanda jaga misi pembangunan berkelanjutan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar