Jakarta (ANTARA News) - Wajah ceria terpancar dari para atlet dan ofisial cabang catur SEA Games 2013, ketika mereka tiba di bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta, Minggu.

14 pecatur dan lima ofisial berjalan bersama keluar dari bandara, disambut spanduk bertuliskan "selamat datang atlet catur SEA Games", serta kalungan bunga oleh Wakil Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto.

"Saya senang sekali bisa ikut merebut medali emas di SEA Games Myanmar," kata CM Luthfi Ali yang mengaku baru pertamakali berlaga di SEA Games.

Luthfi menjadi salah satu pecatur yang andil menyumbangkan dua medali emas pada pesta olahraga Asia Tenggara di Myanmar itu.

"Saya ikut andil dapat emas di nomor catur transfer campuran berpasangan dengan WIM Chelsea Monica Sihite, dan ditransfer berpasangan putra dengan GM Susanto Megaranto.," kata pecatur muda itu.

Indonesia merebut lima medali emas, empat perak dan tujuh perunggu SEA Games 2013 Myanmar, sementara pecatur papan atas Indonesia GM Susanto Megaranto juga merebut emas pada nomor random, selain memenangi catur transfer berpasangan putra bersama Luthfi..

Pecatur putri Indonesia GMW Irene Kharisma Sukandar menyumbangkan dua emas di nomor catur cepat dan catur kilat perorangan putri.

Manajer tim cabang catur SEA Games Myanmar, Rikardo yang ikut tiba bersama atlet mengatakan, semangat dan kekompakan adalah kunci sukses catur Indonesia dalam melampaui target dua medali emas.

"Saya salut dengan semangat dan kekompakan atlet kami, ini faktor utama kami mampu merebut medali emas melebihi target," kata Rikardo.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013