Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita ekonomi pada Kamis (16/5) masih layak untuk dibaca, mulai dari rencana Presiden Joko Widodo untuk melibatkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam memfasilitasi beasiswa pengembangan desain chip semikonduktor, hingga pembangunan pabrik nilam skala menengah di Aceh.

Berikut rangkuman berita kemarin yang layak disimak lagi pada Jumat ini:

Presiden libatkan beasiswa LPDP kembangkan desain chip semikonduktor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melibatkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk memfasilitasi beasiswa pengembangan desain chip bagi kebutuhan ekosistem industri semikonduktor di Tanah Air.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, usai hadir di rapat internal bersama Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


Kemenkop UKM siapkan pembangunan pabrik nilam skala menengah di Aceh

Staf Ahli Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Riza Damanik mengatakan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM sedang mempersiapkan pembangunan pabrik skala menengah untuk pengolahan komoditas nilam di Aceh.

“Nilam adalah salah satu komoditas perkebunan yang mudah ditemukan di hampir seluruh Aceh, dan selama ini nilam menjadi satu komoditas unggul yang sangat diperlukan oleh industri parfum,” kata Riza dalam Media Gathering Kemenkop UKM, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


OJK: Hati-hati penawaran investasi dengan keuntungan fantastis

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak mudah tertipu dan tergiur dengan tawaran investasi yang menawarkan keuntungan fantastis, sebagai respons dalam menanggapi pemberitaan terkait dugaan hilangnya dana nasabah pada Bank BTN.

"Bank wajib bertanggung jawab jika terbukti terdapat kesalahan di pihak bank dan OJK dapat mengenakan sanksi," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


Pemerintah fokus siapkan SDM terampil untuk industri semikonduktor

Deputi IV Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin mengatakan, saat ini pemerintah tengah fokus menyiapkan tenaga kerja terampil untuk industri semikonduktor.

Hal itu sejalan dengan prioritas pemerintah untuk mulai mengembangkan industri semikonduktor di Indonesia.

Baca selengkapnya di sini

 

Analis: Harga Bitcoin menguat dipicu inflasi AS yang sesuai ekspektasi

Crypto Analyst Reku Fahmi Almuttaqin menilai harga Bitcoin yang kembali menyentuh level 66 ribu dolar AS untuk pertama kalinya sejak 24 April 2024 dipicu oleh rilis data inflasi Amerika Serikat (AS) yang sesuai ekspektasi pasar.

"Perkembangan inflasi bulan April yang lebih baik dari ekspektasi tersebut telah berhasil mendorong harga Bitcoin naik ke level di atas 66 ribu dolar AS atau 7,3 persen dari harga terendah 24 jam terakhir di level 61,6 ribu dolar AS," kata Fahmi dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: Kemarin, izin PayTren dicabut hingga kewajiban halal diundur
Baca juga: Kemarin, gas murah hingga kemungkinan resesi Indonesia 1,5 persen
Baca juga: Kemarin, Emirates tambah penerbangan hingga pabrik baru motor listrik


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024