Selain itu dengan bersepeda maka bisa mengurangi kendaraan bermesin di jalan-jalan. Ketika itu berkurang maka akan mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas serta polusi
Kota Mojokerto (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto,, Jawa Timur, terus membudayakan bersepeda kepada pelajar karena sangat baik untuk kebugaran, lingkungan bersih polusi dan sehat.
 
Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto M Ali Kuncoro di Kota Mojokerto, Jumat, mengatakan dengan bersepeda ke sekolah akan membuat para pelajar menjadi sehat dan bugar.
 
"Ini adalah bagian kita mengkampanyekan bagaimana adik-adik semangat untuk berolahraga, kita ingin generasi ke depan sehat dan bugar," ungkap Mas Pj sapaan akrab Ali Kuncoro dalam kegiatan kampanye "Bike To School" di SMP Negeri 2 Kota Mojokerto.
 
Ia mengemukakan dengan bersepeda juga dapat membantu mengurangi emisi karbon dan mendukung upaya Pemerintah Net Zero Emissions (NZE) 2060.

Baca juga: Kota Mojokerto kembali tumbuhkan olah raga balap sepeda
 
"Selain itu dengan bersepeda maka bisa mengurangi kendaraan bermesin di jalan-jalan. Ketika itu berkurang maka akan mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas serta polusi," ucapnya.
 
Apalagi, menurutnya, dengan sistem zonasi pada penerimaan siswa maka akan lebih mudah bagi siswa membudayakan bersepeda ke sekolah.
 
"Dengan sistem zonasi, tidak ada siswa yang rumahnya jauh, maka biasakanlah untuk naik sepeda ke sekolah," ujarnya.
 
Pada kesempatan ini Wali Kota Mojokerto itu berpesan kepada para siswa agar tidak ada lagi perundungan dan persekusi di lingkungan sekolah.

Baca juga: Petahana Mojokerto daftar ke KPU naik sepeda
 
"Kampanye Bike To School ini juga menggandeng Komunitas Bike to Work (B2W) Indonesia," ujarnya.

Dalam kesempatan itu sejumlah siswa diajak bersepeda berkeliling Kota Mojokerto dengan pengawalan dari petugas Dinas Perhubungan (Dishub) kota setempat.

Salah satu siswa, Wina mengaku senang dengan kegiatan tersebut karena selama ini ia selalu diantarkan oleh orang tua saat berangkat dan pulang sekolah. "Bisa bersepeda jadi lebih sehat," ujarnya.

Baca juga: Pemrov DKI Jakarta gaungkan kegiatan Sekolah Ramah Bersepeda

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024