Tercatat ada sekitar 170 hotel yang telah disewa dengan skema full musim dan diperuntukkan bagi pemondokan jamaah calon haji Indonesia
Makkah (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memastikan kesiapan akomodasi, transportasi, hingga konsumsi menjelang gelombang kedatangan jamaah dari Madinah ke Makkah yang dimulai pada 20 Mei 2024.

"Pertama, terkait dengan layanan akomodasi kita sudah pengecekan kesiapan akomodasi di hotel-hotel yang tersebar pada lima wilayah," ujar Khalilurahman, di Makkah, Sabtu

Tercatat ada sekitar 170 hotel yang telah disewa dengan skema full musim dan diperuntukkan bagi pemondokan jamaah calon haji Indonesia 1445 H/2024 M. Pemondokan ini tersebar di lima wilayah, yaitu Syisyah, Raudhah, Jarwal, Misfalah, dan juga Ray Bakhs.

"Teman-teman di sektor pun sudah melakukan pengecekan kesiapan akomodasi di wilayah masing-masing," kata Khalil.

Berdasarkan pantauan di lapangan, para petugas juga telah memasang sejumlah penanda fasilitas ramah lansia di hotel-hotel yang menjadi pemondokan jamaah.

Baca juga: Kemenag berangkatkan 7.773 jamaah calon haji Indonesia pada Sabtu
Baca juga: Pemerintah tegaskan haji hanya boleh dilaksanakan dengan visa haji


Sejumlah penanda fasilitas itu yakni kursi tunggu prioritas ramah lansia, lift untuk lansia, dan sebagainya.

Sementara untuk penyiapan konsumsi, PPIH Daerah Kerja Makkah juga telah memanggil penyedia katering dan juru masak.

"Mereka sudah kita lakukan bimbingan teknis bagaimana membuat sajian makanan sesuai dengan selera nusantara dan terpenuhinya gizi jamaah haji Indonesia," kata dia.

"Dari 57 penyedia katering, mereka sudah hadir dan mereka siap untuk memberikan pelayanan bagi jamaah haji Indonesia," ujarnya menambahkan.

Demikian pula untuk pelayanan bus shalawat yang akan mengantar jamaah dari hotel ke Masjidil Haram, sudah siap. Transportasi ini akan melayani jamaah calon haji selama berada di Makkah.

Baca juga: Kemenag: 41.189 calon haji Indonesia tiba di Madinah
Baca juga: Menhub pastikan Bandara Juanda Surabaya siap layani penerbangan haji


 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024