Tahun Baru, saatnya detoksifikasi tubuh

Jakarta (ANTARA News) - Kita semua mungkin menyesal mengonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman selama liburan- dan dengan semakin dekatnya Tahun Baru, Anda mungkin merasa kini saatnya untuk mendetoksifikasi (mengeluarkan racun) dalam tubuh Anda.

"Tubuh kita secara alami melakukan detoksifikasi setiap waktu. Jika tidak, maka kita akan mati," kata Medicine Hunter, Chris Kilham, seperti dilansir laman FoxNews.com.

Kilham menjelaskan setelah liburan - atau seorang yang terlalu banyak melakukan hal buruk seperti meminum alkohol sekalipun- hati dan usus adalah organ tubuh yang paling menderita. Beberapa orang menderita hati yang berlemak. 

"Kapan terakhir kali Anda mendengar seseorang berkata, " Saya makan terlalu banyak salad selama liburan?. Kita mengonsumsi makanan kurang serat dan makanan berlemak lainnya," ujarnya.

Jadi, di Tahun Baru ini merupakan waktu tepat untuk menyingkirkan "sampah" yang berada di hati dan saluran pencernaan Anda. Anda dapat mulai membersihkan sistem anda dengan minum lebih banyak air, kata Kilham.

"Air adalah sahabat kita; tubuh kita terdiri atas lebih dari 70 persen air," ia menambahkan. 

Kilham mengatakan cara lain untuk melakukan detoksifikasi adalah meminum teh akar dandelion (tanaman liar berbunga kuning cerah). 

"Ini merupakan salah satu herbal yang bekerja, dan rasanya enak.  Ini membantu hati menyingkirkan kotoran dan kelebihan lemak," katanya. Kilham mengatakan beberapa orang diet , salah satunya dengan pembersih herbal dan serat , mungkin baik sesekali untuk membersihkan tubuh Anda. 

Namun ia tidak merekomendasikan hal ini dilakukan secara teratur. Anda tetap harus mengkonsultasikannya dengan dokter. 

"Menurut saya, jika (tubuh) Anda lebih ringan - misalnya minum lebih banyak buah dan jus sayuran, " kata Kilham. 

"Makan lebih banyak buah-buahan, seperti apel , yang memiliki antioksidan dan pektin - dan yang membersihkan sistem pencernaan . Siapa yang tidak suka apel ? Makan satu atau dua hari , itu adalah cara yang baik untuk membersihkan," ujarnya. 

Kadang-kadang orang bersumpah untuk mulai mengonsumsi vitamin lebih banyak di Tahun Baru , yang menurut Kilham merupakan resolusi yang biasanya memudar pada Februari - tetapi sejumlah kecil vitamin C juga dapat membantu detoksifikasi tubuh .

Kilham mengatakan jika Anda tetap mengonsumsi herbal dan serat selama satu sampai dua minggu , Anda mungkin akan merasa lebih ringan dan lebih energik . Kemudian, Anda dapat kembali ke diet biasa Anda . Hanya pastikan untuk menyertakan sayuran berdaun lagi.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Menparekraf kaji tur wisata berbasis vaksinasi COVID-19 di Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar