Saya bisa merasakan sakit, tetapi saya tidak bisa menangis...
Taichang, China (ANTARA News) - Bintang laga Jet Li dalam perekaman untuk pertunjukan bakat di televisi China, Selasa, mengungkapkan bahwa ia menderita hipertiroid.

"Saya mengidap hipertiroid, kadang-kadang saya kehilangan berat badan 15 kilogram, kadang-kadang bertambah 15 kilogram," kata Li, yang tampaknya sedang agak gemuk.

"Saya benar-benar gemuk sekarang. Itu fakta. Dan saya tak punya kesempatan untuk langsing, karena obat yang mengontrol detak jantung saya, jadi saya tidak bisa olah raga," ujarnya dikutip CNA.

"Bahkan ketika saya tidak sedang berolahraga, detak jantung saya bisa mencapai 130 atau 140 (padahal denyut jantung 60-100 kali per menit dianggap normal untuk orang dewasa)," kata Li.

"Saya akan menunggu sampai dokter mengatakan bahwa saya bisa melakukan latihan sederhana sebelum melangsingkan badan," katanya.

Hipertiroid adalah keadaan di mana kelenjar tiroid terlalu aktif bekerja. Kelenjar itu mengatur proses metabolisme dalam tubuh manusia.

Keadaan itu tidak dapat disembuhkan dan gejalanya antara lain peningkatan denyut jantung, lekas marah, dan kelelahan.

Namun, Li, yang akan menjadi juri di acara bakat itu, tampaknya menerima keadaannya dengan tenang.

"Saya bukan Wong Fei Hung, bukan Huo Yuan Jia, atau bahkan bukan pahlawan (seperti yang sering ia mainkan di film pada masa lalunya). Seperti Anda, saya memiliki hari yang brilian ketika saya menjadi yang terbaik ... serta juga hari-hari ketika saya mempertanyakan apakah saya masih bisa terus bekerja," kata Li.

"Saya bisa merasakan sakit, tetapi saya tidak bisa menangis, dan harus menghadapinya dengan sabar," pungkas Li.

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013