Mumbai (ANTARA News) - Jika ada bintang Hollywood yang mengklaim 2013 sebagai tahun kejayaan, Deepika Padukone lah orangnya.

Dengan empat film yang menjadi hit, mantan model ini melejit menjadi artis papan atas yang mulai mengincar Hollywood.

Namun, semua itu tidak semata-mata karena keberuntungan.

"Saya bekerja dalam kecepatan yang abnormal, bekerja untuk tiga film dalam satu waktu, dan saya pikir hasilnya cukup memuaskan," kata aktris 27 tahun itu pada AFP.

Padukone telah menjadi aktris papan atas Bollywood hanya selang enam tahun mencicipi industri film. Meskipun begitu, dia masuk dengan cara yang tidak konvensional.

Di industri yang dikenal dengan nepotisme, Padukone mengukir sendiri karirnya meski dirinya bukan keturunan keluarga showbiz atau berasal dari Mumbai.

Perempuan yang lahir di Copenhagen itu tumbuh di Bangalore dan mewarisi gen atletis dari ayahnya Prakash yang merupakan juara dunia bulutangkis.

Dia adalah seorang pemain basket tingkat negara bagian, badminton, dan baseball sebelum menjadi model dan menerima tawaran film saat berusia 19 tahun.

Dia memulai akting lewat film "Om Shanti Om" bersama bintang Shah Rukh Khan.

Salah satu hal yang dirasakannya berat saat itu adalah memahami para kolega dan menemukan kenyamanan di depan kamera.

"Saat kau mulai bekerja di usia awal 20an, kau juga mulai mengerti diri sendiri dan bertemu banyak orang yang mempengaruhi hidup, sebagian baik, sebagian buruk," kata dia.

Meskipun film awalnya terbilang sukses, tidak semua filmnya bernasib sama. Film 2010 berjudul "Lafangey Parindey", "Khelein Hum Jee Jaan Se", dan "Karthik Calling Karthik" tidak sesukses pendahulunya.

Dia mengatakan, para penggemarnya merupakan salah satu alasan yang membuatnya terus termotivasi.

"Penggemar memberikanmu cinta. Saya tahu mereka mencintai saya apa adanya bukan karena kesuksesan film-film saya, bahkan meski saat film saya tidak sukses, saya merasakan cinta yang sama dari penonton dan penggemar."

Padukone setuju bahwa tahun 2013 telah melejitkan karirnya dengan "Race 2", "Yeh Jawaani Hai Deewani" dan "Chennai Express" yang dibintanginya bersama Shah Rukh Khan sekaligus menjadi film dengan laba terbesar di India.

Bahkan, ada pula kabar bahwa dia juga dipertimbangkan dalam sebuah peran di film "Fast & Furious" berikutnya meskipun kini nasib film itu belum pasti pasca kematian aktor Paul Walker.

"Saya tidak jadi bermain di Fast & Furious, apapun alasnnya. Tapi konyol kalau orang-orang bilang kabar itu hanya untuk publisitas. Terkadang saya pikir itu takdir," imbuh dia.

Namun, dia tidak tetap optimistis bahwa proyek di Hollywood masih bisa terwujud di kemudian hari.

"Saya yakin masih akan ada yang lain nantinya."

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013