Palembang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menargetkan biaya kuliah gratis, terutama untuk masyarakat tidak mampu, mulai direalisasikan pada 2015 karena sekarang ini pihaknya masih dalam tahap penyusunan.

"Kuliah gratis itu memang menjadi program kami tetapi sekarang ini masih dalam tahap penyusunan," kata Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki kepada wartawan di Palembang, Jumat.

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah melaksanakan sekolah gratis mulai sekolah dasar hingga SMU pihaknya akan meningkatkan lagi hingga keperguruan tinggi.

Diprogramkannya kuliah gratis tersebut tidak lain untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat di daerah ini untuk melanjutkan keperguruan tinggi.

Selain itu dengan adanya kuliah yang dibiayai pemerintah diharapkan nantinya tidak ada lagi tamatan SMU dan SMK tidak kuliah.

Memang, mengenai masyarakat yang berhak kuliah secara gratis tersebut masih diutamakan bagi mereka kurang mampu.

Hal ini karena bagi mereka yang memiliki kemampuan bisa saja kuliah di perguruan tinggi yang dikehendaki, kata dia.

Yang jelas dengan dilaksanakannya program kuliah gratis diharapkan sumber daya manusia di darah ini semakin meningkat.

Selain itu kuliah secara gratis telah menjadi komitmennya saat mencalonkan diri menjadi Wakil Gubernur bersama Gubernur Alex Noerdin.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo pernah mengatakan, sekolah gratis merupakan program yang menyentuh kehidupan masyarakat.

Sehubungan itu untuk sekolah gratis menjadi program utama Pemerintah Priovinsi Sumsel sehingga kualitasnya terus ditingkatkan termasuk kenjang pendidikan yakni perguruan tinggi.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014