Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Forum Sistem Transportasi Cerdas atau The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024, memberi peluang untuk kerja sama pendanaan pengembangan sistem transportasi cerdas.

“Di sini (pameran forum sistem transportasi cerdas Asia Pasik) juga tidak terbatas pada menjual jasa atau menjual produk (transportasi), tetapi ada juga yang membantu memberikan financing,” kata Budi di sela menghadiri pembukaan The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta, Selasa.

Menhub menyampaikan bahwa dalam pameran Forum Sistem Transportasi Cerdas yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), sebagai rangkaian The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024, membuka kesempatan bagi seluruh daerah di Indonesia jika ingin menjalin kerja sama pendanaan dalam membangun daerah dengan sistem transformasi masa kini.

“Artinya satu kota yang belum mampu melakukan kegiatan secara mandiri bisa kerja sama dengan satu pihak tertentu sehingga konektivitas dari tempat ke tempat di suatu kota bisa diselesaikan, bahkan kita bisa lompat langsung,” ucap Menhub.

Oleh karena itu, Menhub berharap kepada daerah-daerah di Indonesia yang belum bisa mengembangkan sistem transportasi cerdas secara mandiri, maka bisa melalukan kerja sama dengan berbagai pihak yang telah hadir dan berpartisipasi dalam forum tersebut seperti dengan World Bank, Asian Development Bank, dan bahkan European Investment Bank.

“Forum ini sangat penting, kita tidak saja bicara mengenai teknologi, kita bicara bagaimana kolaborasi, bagaimana kita mendanai dan satu hal yang mungkin saya ingin sampaikan bahwa kita tidak boleh terlambat. Jakarta sudah melakukan, tapi sedikit terlambat, tapi banyak sekali kota-kota di Indonesia ini membutuhkan dukungan ITS, yaitu transportasi yang cerdas, infrastruktur, dan sistem,” ungkap Menhub.

Sementara itu, Presiden Intelligent Transport System (ITS) Indonesia William Sabandar mengatakan bahwa ITS Asia Pacific Forum 2024 merupakan event rutin sektor transportasi dan infrastruktur yang mempertemukan para pemangku kepentingan, pakar, pembuat kebijakan, pemimpin industri, dan pengembang teknologi untuk bertukar ide, memamerkan inovasi, dan mendiskusikan kemajuan terkini dalam sistem transportasi cerdas.

"Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah ITS Asia Pacific Forum ke-19 yang akan diselenggarakan pada 28-30 Mei 2024 di Jakarta Convention Center (JCC)," kata William.

William menuturkan bahwa sebagai tuan rumah forum yang dihadiri lebih dari 1.000 delegasi dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, China, Jepang, Korea Selatan, New Zealand, Malaysia, dan Singapura, ITS Indonesia mendorong inisiatif pengembangan dan pemanfaatan sistem transportasi cerdas di Indonesia.

Dia berharap dengan forum juga yang juga dihadiri Organisasi internasional seperti International Transport Federation (ITF), World Bank, Asian Development Bank, dan bahkan European Investment Bank, bisa menjadi platform penting bagi pengembang mobilitas cerdas dan pengembangan ekosistem transportasi cerdas.

Baca juga: Menhub sebut IKN jadi kota pionir transportasi cerdas
Baca juga: Kadin: ITS Asia Pasifik peluang gaik investor transportasi cerdas
Baca juga: Menhub: Uji coba kereta otonom tanpa rel di IKN dilakukan Agustus

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024